11 October 2020, 03:25 WIB

Isyana Sarasvati Bermusik dengan Jujur


MI | Humaniora

PERKEMBANGAN industri musik di Tanah Air yang didominasi platform musik modern merupakan angin segar. 

Menurut solois Isyana Sarasvati, 27, perkembangan tersebut semakin membuat blantika musik Indonesia lebih beragam. Mulai banyak musisi muda yang berani mengeksplorasi genre-genre musik lain.

Tidak ada lagi dominasi dari genre musik tertentu yang menentukan corak musik di Indonesia. “Menurut aku, sekarang industri musik di Indonesia lagi bagus-bagusnya ya karena sekarang semua orang bisa mengeluarkan karya mereka kapan pun dan di mana pun. Aksesnya juga udah jauh lebih mudah,” jelas perempuan kelahiran Bandung ini.

Tidak itu saja, sekarang musisi Indonesia juga sudah mulai berani untuk menjadi diri mereka sendiri. “Ada banyak orang yang berani bilang ‘ini gue’, ‘ini karya gue’, ‘enggak peduli apa responsnya, yang penting ini jujur dari hati gue’. Itu udah terlihat dari banyak temen-temenku,” sambung pelantun lagu Tetap Dalam Jiwa (2015) ini.

Bagi Isyana, musik ialah soal kejujuran. Ia mengaku lebih senang untuk membawakan karya-karya yang membuatnya nyaman, dan tak mau terpatok pada selera pasar yang dapat berubah-ubah setiap saat. (Bus/H-1)

BERITA TERKAIT