10 October 2020, 17:35 WIB

Xi Jinping Berhasrat Perdalam Hubungan dengan Korea Utara


Faustinus Nua | Internasional

DALAM pesan ucapan selamat kepada Kim Jong Un atas peringatan berdirinya partai yang berkuasa di Korea Utara, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan pihaknya bermaksud untuk memperdalam hubungan dengan Pyongyang, media pemerintah Korea Utara melaporkan, Sabtu (10/10).

"Kami memiliki niat untuk berhasil mempertahankan, mengkonsolidasikan dan mengembangkan hubungan Tiongkok-Korea. Bersama dengan rekan-rekan Korea dan mendorong perkembangan sosialis kedua negara yang tahan lama dan stabil," kantor berita negara Korea Utara KCNA mengutip pernyataan Xi.

Xi mengatakan dia sangat senang dengan pencapaian Korea Utara dalam beberapa tahun terakhir. Negara yabg dipimpin Kim Jong Un itu dinilainya telah terlibat dengan negara-negara asing dalam menghadapi kesulitan dan tantangan bersama.

Sebelumnya, hubungan Tiongkok-Korea Utara sempat dingin selama bertahun-tahun. Pasalnya, Tiongkok bergabung dengan AS dan negara-negara lain dalam menjatuhkan sanksi kepada Korea Utara atas program senjata nuklir dan rudal balistiknya.

Namun, sepanjang 2018 dan 2019, Xi dan Kim telah bertemu lima kali. Di samping itu, upaya diplomatik Korea Utara juga termasuk pertemuan Kim dengan Presiden AS Donald Trump.

Adapun, Hari Sabtu (10/10) menandai peringatan 75 tahun berdirinya Partai Buruh Korea yang berkuasa, dan acara-acara diharapkan mencakup parade militer besar yang mungkin menampilkan beberapa rudal balistik jarak jauh Korea Utara untuk pertama kalinya sejak 2018.(CNA/OL-13)

Baca Juga: Korea Utara Akan Pamer Senjata Tercanggih di Parade Militer

BERITA TERKAIT