10 October 2020, 14:40 WIB

Pandemi, Pembangunan Jangan Pernah Berhenti


Januari Hutabarat | Nusantara


SAAT wabah covid-19 merebak, pembangunan infrastruktur di banyak daerah jalan di tempat, termasuk di Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Padahal, pembukaan jalan baru atau perbaikan jalan yang rusak sangat penting untuk meningkatkan perekonomian.

Seperti diharapkan Buloin Hutajulu, 47, warga Desa Simpangbolon Kecamatan Garoga, pembangunan infrastruktur seharusnya tetap berjalan.
"Kapan berakhir covid -19 tidak satupun yang mampu memastikannya. Sementara kebutuhan infrastruktur masyarakat harus tetap dilakukan dan diperhatikan."

Ia melihat pembangunan jalan menuju usaha pertanian sangat diharapkan terus berjalan di tengah pandemi. Pasalnya, dengan jalan yang baik, distribusi bahan pangan bisa terus dilakukan. Alhasil ketahanan pangan yang menjadi prioritas utama tetap bisa dicapai.

Senada, Pordin Sormin, 56, warga lain, juga menyatakan selain pembangunan jalan tani, pembangunan infrastruktur lainya juga tidak kalah pentingnya. Di antaranya pembangunan sarana dan prasana kesehatan hingga ke tingkat desa.

"Karena itu, kami berharap pemerintah pusat terus memberi perhatian, khusus dalam soal penanggaran. Saatnya pemerintah kabupaten meningkatkan lobi, sehingga mendapat dukungan dari pemerintah pusat untuk melakukan pembangunan di banyak bidang," tutur Sormin.

Atas harapan warganya, Bupati Nikson Nababan mengaku sudah sering melobi pemerintah pusat untuk mendapatkan pendanaan pembangunan. Selama ini, pembangunan di daerahnya sudah mendapat dukungan dari pemerintah pusast. (N-3)

BERITA TERKAIT