10 October 2020, 09:08 WIB

Kasus Covid-19 di Klaten, Pasien Positif Bertambah 7 Orang


Djoko Sardjono | Nusantara

PASIEN terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bertambah tujuh orang dan dua pasien positif dinyatakan sembuh, Jumat (9/10). Sementara, jumlah akumulatif pasien positif di Klaten 691 orang. Sebanyak 596 orang sembuh, 72 dirawat di rumah sakit/isolasi, dan 23 orang meninggal dunia.

Penambahan tujuh pasien positif dari Kecamatan Delanggu, Ngawen, Bayat, Pedan, dan Klaten Selatan. Sedangkan dua pasien sembuh asal Kecamatan Pedan dan Trucuk. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Cahyono Widodo menyebut dua dari tujuh pasien positif baru merupakan kontak erat kasus positif Covid-19.

Sedangkan lima pasien positif lainnya, lanjut Cahyono Cahyono, tiga dimungkinkan terpapar saat beraktivitas di Klaten, dan dua tertular ketika mereka berada di luar daerah.

"Saat ini, tiga pasien terkonfirmasi positif dirawat intensif di rumah sakit. Dan empat pasien lainnya menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat tim medis," imbuhnya.

baca juga: Pasien di Wisma Atlet Berkurang 100 Orang

Kemudian, dua pasien terkonfirmasi positif yang dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Mereka diharapkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah minimal selama tujuh hari. Sebaran Covid-19 di Klaten belum mereda. Karena itu, untuk pencegahan dan pengendaliannya masyarakat diminta untuk tetap waspada dan disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan, serta terapkan pola hidup bersih dan sehat," pungkasnya. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT