10 October 2020, 06:05 WIB

Korea Utara Akan Pamer Senjata Tercanggih di Parade Militer


Faustinus Nua | Internasional

KOREA Utara yang memiliki senjata nuklir diperkirakan akan memamerkan senjata terbaru dan tercanggihnya di jalan-jalan Pyongyang pada hari Sabtu (10/10) ini. Hal itu untuk merayakan ulang tahun ke-75 partai yang berkuasa meski dilakukan di tengah pandemi virus korona.

Menteri unifikasi Korea Selatan mengatakan kepada parlemen pada hari Kamis bahwa parade skala besar telah diantisipasi, dan citra satelit di situs web 38North menunjukkan iring-iringan itu bisa sangat besar. Peringatan itu muncul di tengah tahun yang sulit bagi Korea Utara, lantaran pandemi virus korona dan badai baru-baru ini menambah tekanan ke negara yang dijatuhi sanksi berat itu.

Pyongyang menutup perbatasannya delapan bulan lalu untuk mencoba mencegah penyebaran virus. Bulan lalu, pasukan dari Korea Utara menembak mati seorang pejabat perikanan Korea Selatan yang diklaim sebagai tindakan pencegahan terhadap penyakit tersebut. Hal itu memicu kemarahan Seoul, lantas Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim permintaan maaf.

Namun demikian, pada hari Sabtu diperkirakan ribuan tentara yang melangkah masuk ke dalam Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang. Prosesi kendaraan lapis baja dan tank yang semakin besar kemungkinan akan menyusul, yang berpuncak dengan peluncuran rudal yang ingin ditampilkan Pyongyang.

baca juga: Armenia dan Azerbaijan Berunding, Rusia Jadi Penengah

Korea Utara diyakini terus mengembangkan persenjataannya. Hal itu diklaim untuj melindungi diri dari invasi AS. Para analis pun memperkirakan rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM) baru atau rudal balistik antarbenua (ICBM) mampu mencapai daratan AS.(AFP/OL-3)


 

BERITA TERKAIT