10 October 2020, 05:25 WIB

Banyak Sentimen Positif, Indeks Saham Global Menguat


Tesa Oktiana Surbakti | Internasional

SEBAGIAN besar indeks saham global menguat di tengah harapan terhadap paket stimulus pemerintah Amerika Serikat (AS). Berikut, perkembangan uji coba vaksin covid-19 yang menunjukkan hasil positif.

Bursa saham utama AS ditutup lebih tinggi pada tiga sesi berturut-turut. Bahkan indeks Nasdaq melonjak 1,4%, lantaran Gedung Putih kembali mengubah arah kebijakan. Selain itu, indeks saham Shanghai naik 1,7% dan indeks saham London juga menguat 0,7%.

Diketahui, bursa saham Negeri Paman Sam sempat anjlok. Kondisi ini dipengaruhi sikap Trump yang enggan membahas stimulus ekonomi. Namun, investor memintanya untuk menghasilkan kesepakatan.

Baca juga: AS Berencana Distribusikan Vaksin Covid-19 Gratis

Pada Jumat waktu setempat, Gedung Putih mengusulkan paket stimulus senilai US$1,8 triliun. Kabar itu disampaikan Trump dalam sebuah wawancara di radio.

Akan tetapi, Pemimpin Senat AS Mitch McConnel menyebut tidak ada waktu untuk mengadakan pembahasan sebelum pilpres AS. Kendati demikian, analis menilai paket yang diusulkan pemerintahan Trump membawa angin segar bagi perekonomian.

Pasar juga menyambut baik artikl dalam Jurnal Kedokteran New England, yang melaporkan obat remdesivir dari Gilead Sciences menunjukkan hasil positif. Ini setelah ada uji klinis yang konsisten pada pasien covid-19.

Baca juga: Tidak Ingin Monopoli, Tiongkok Siap Bagikan Vaksin Covid-19

“Pasar mendapat banyak sentimen positif pada pekan ini. Apalagi pengujian vaksin covid-19 menunjukkan kemajuan. Lalu ada kabar bahwa vaksin akan segera disetujui,” tutur analis Briefing.com Patrick J. O’Hare.

Kalangan analis juga menyoroti peningkatan ekspektasi pasar terhadap pilpres AS. Mengingat Joe Biden lebih unggul dari Donald Trump dalam jajak pendapat. Pertarungan antara keduanya memberikan sentimen khusus bagi indeks saham dalam beberapa pekan terakhir.(AFP/OL-11)

BERITA TERKAIT