09 October 2020, 17:10 WIB

Pasokan Ditambah, Stok Pupuk di Purbalingga Aman


Lilik Darmawan | Nusantara

DINAS Pertanian (Dipertan) Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) memastikan bahwa persediaan pupuk untuk musim tanam (MT) Oktober hingga akhir tahun aman. Pasalnya, sudah ada tambahan pupuk khususnya urea sebanyak 6 ribu ton lebih.

Kepala Dipertan Purbalingga Mukodam mengatakan bahwa Pemkab sengaja  menyurati Gubernur Jateng untuk meminta tambahan stok pupuk khususnya urea. Sebab, dari kuota yang ditetapkan pada 2020, masih tetap kurang untuk mencukupi kebutuhan para petani.

"Kami telah mendapatkan jawaban, jika akan ada tambahan pupuk bersubsidi khususnya urea. Pupuk tersebut akan mulai datang pada pertengahan Oktober," jelas Mukodam kepada Media Indonesia, Jumat (9/10).

Dijelaskan Mukodam, tambahan pupuk urea untuk Purbalingga sebanyak 6.210 ton, sehingga petani tidak perlu khawatir. Sebetulnya, lanjut Mukodam, pihaknya hanya mengajukan tambahan sebanyak 3.265 ton.

Tetapi, pada kenyataannya malah direalisasi 6.210 ton. "Sedangkan untuk SP 36 ada tambahan 96 ton dari kuota 370 ton, ZA bertambah 114 ton dari sebelumnya 521 ton," katanya.

Menurutnya, pihaknya tengah menyusun realokasi untuk masing-masing wilayah kecamatan, disesuaikan dengan kebutuhan. Dinas akan membagi sesuai dengan luasan tanam di masing-masing kecamatan. Sehingga proporsi kebutuhan akan lebih merata karena menyesuaikan kebutuhan," ujar dia. (R-1)  

 

BERITA TERKAIT