09 October 2020, 17:05 WIB

Kantor Disdukcapil OKU Timur Ditutup Sementara


Dwi Apriani | Nusantara

UNTUK mencegah penularan Covid-19 terhadap pegawainya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKU Timur, menggelar tes usap massal. Akibatnya kantor yang melayani dokumen kependudukan ini harus ditutup, Jumat (9/10).

"Benar kantor pelayanan ditutup sementara, karena seluruh pegawai menjalani tes swab. Bukan berarti ada pegawai yang positif covid-19. Kita hanya ingin mencegah penyebaran covid-19," ujar Pelaksana tugas Kepala Disdukcapil Kabupaten OKU Timur, Mursal, Jumat (9/10)

Ia mengatakan tes usap dilakukan kepada seluruh pegawai tanpa terkecuali. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, karena ada beberapa pegawai yang merasakan gejala demam dan indra penciuman hilang.

"Jadi belum ada pegawai yang positif covid-19 di Disdukcapil, ini baru tes usap saja. Sementara pelayanan di kantor Disdukcapil ditutup hingga keluar hasil tes swab, mungkin satu minggu," imbuhnya.

Mursal menambahkan, meskipun demikian, pelayanan administrasi kependudukan masih berjalan melalui online. Masyarakat masih bisa mengajukan permohonan pembuatan dokumen kependudukan melalui whatsapp.

"Jika hasil tes swab sudah keluar, baru kita bisa memutuskan apakah pelayanan Disdukcapil akan dibuka kembali atau ditutup sementara. Ini upaya kita mengantisipasi penularan virus covid-19," ungkapnya.

Sementara, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 OKU Timur, Yakub mengatakan, belum ada yang terkonfirmasi positif covid-19 di lingkungan Dinas Dukcapil.

"Hingga saat ini belum ada yang positif covid-19, tadi petugas kita baru melakukan tes swab disana, karena ada salah satu pegawai yang kontak dengan kasus positif covid-19," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: UU Cipta Kerja kluster Minerba Rugikan Negara

 

BERITA TERKAIT