09 October 2020, 16:43 WIB

Polisi Telusuri Cukong yang Sponsori Demo Rusuh Omnibus Law


Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum

POLISI tengah menelusuri cukong pengerahan massa yang akan membuat rusuh saat demo penolakan Omnibus Law di Jakarta, kemarin. Sejauh ini Polda Metro telah mengamankan 1.192 orang yang akan melakukan kerusuhan saat aksi unjuk rasa.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, ribuan orang yang diamankan sebagiannya merupakan pelajar dan difasilitasi untuk berbuat rusuh. Yusri mengatakan pelajar tersebut mendapatkan undangan dari pihak yang diduga sebagai sponsor.

Baca juga: Plan Indonesia Gelar Webinar #GirlsTakeOver: Freedom Online

"50% ini adalah anak sekolah STM, yang diundang melalui media sosial. Mereka mengatakan diajak teman, nanti dapat duit di sana, dapat makan, tiket kereta, truk, bus sudah disiapkan. Tinggal datang ke sana lempar-lempar saja," kata Yusri ketika ditemui di kantornya, Jumat (9/10).

Yusri mengatakan akan mendalami siapa yang menjadi sponsor dalam pengerahan ratusan pelajar tersebut. Ia mengatakan pihaknya saat ini mendalami melalui tayangan cctv di sejumlah titik kerusuhan.

"Kita masih dalami, kita ambil keterangan mereka semuanya. Ini bisa membantu kita para penyidik, kemudian nanti kita ambil CCTV, siapa yang merusak. Kemudian kita cari keterangan-keterangan saksi lain, nanti itu awal dari penyelidikan para penyelidik-penyelidik tim Krimsus Polda Metro Jaya," kata Yusri. (Faj/A-3)

BERITA TERKAIT