09 October 2020, 14:45 WIB

Kominfo Beri Beasiswa Pelatihan Digital untuk 50 Ribu Orang


Insi Nantika Jelita | Humaniora

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan beasiswa pelatihan intensif kepada 50 ribu masyarakat dalam program Digital Talent Scholarship 2020.

Sekretaris Jenderal Kominfo Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, program tersebut masuk dalam pembangunan prioritas nasional yang ditujukan untuk pengembangan SDM dibidang digital.

"Untuk angkatan kerja muda hingga aparatur sipil negara diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa di era Industri 4.0," ungkap Niken dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (9/10).

Mengenai pelaksanaan pelatihan, Niken menyatakan selama masa pandemi, akan berlangsung secara daring atau online. Hal itu ditujukan untuk melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dan mengikuti perilaku masyarakat yang beralih ke dunia virtual.

“Kini, kita telah memasuki fase adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman covid-19," kata Niken.

Kementerian Kominfo menargetkan sumberdaya manusia memiliki kompetensi dan bisa bersaing dengan negara lain dalam digital.

“Dengan meningkatnya kompetensi dari talenta digital Indonesia, hal ini tentunya akan berdampak kepada semakin percayanya industri teknologi untuk merekrut tenaga kerja dalam negeri serta kemampuan dari para talenta digital untuk menciptakan lapangan kerja baru," sebut Niken.

Niken menjelaskan, pada tahun ini, terdapat enam akademi yang ditawarkan seperti Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Regional Development Academy (RDA), Thematic Academy (TA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dan Online Academy (OA).

Dalam penyelenggaraannya, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan beberapa pihak, seperti perguruan tinggi, universitas dan Politeknik terkemuka, Global Technology Companies maupun perusahaan lokal serta industri. (OL-4)

BERITA TERKAIT