09 October 2020, 14:30 WIB

Ahli: Klaster Demo Mulai bisa Dideteksi 3-7 Hari ke Depan


Putri Anisa Yuliani | Humaniora

EPIDEMIOLOG Universitas Indonesia Tri Yunis Miko menyebut keterpaparan warga dari covid-19 bisa diketahui dalam waktu tiga sampai tujuh hari.

Masa inkubasi virus covid-19 memang 14 hari. Tapi banyak pula ditemukan gejala penyakitnya muncul pada tiga hari sampai tujuh hari setelah terpapar.

"Iya itu bisa diketahui tiga hari sampai tujuh hari setelah demo nanti pemda tinggal melihat bila ada kenaikan kasus yang signifkan dan dilihat hasil tracingnya, bisa dikatakan itu klaster demo," kata Tri saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (9/10).

Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penularan, Tri menyebut pemda harus memperkuat upaya 'contact tracing' dan kapasitas pemeriksaan covid-19 dengan tes PCR. Sebabnya, jumlah warga yang mengikuti demonstrasi menentang pengesahan UU Omnibus Law kemarin sangat banyak.

Petugas 'contact tracing' harus banyak untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kapasitas tes juga harus ditambah untuk mengidentifikasi penularan.

"Yang harus diperkuat antara lain 'contact tracing'. Setelah itu fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatannya. Tracing harus betul-betul maksimal karena ini melibatkan sebuah kegiatan yang masif," jelasnya.

Selain itu, jumlah tempat tidur rawat covid-19 juga harus disiapkan meski 50% pasien covid-19 di Jakarta adalah tanpa gejala dan gejala ringan. Karena bukan tidak mungkin nantinya jumlah pasien yang memiliki gejala sedang dan berat akan muncul.

"Rumah sakitnya juga harus siap menampung pasien-pasien covid-19," tandasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT