09 October 2020, 14:00 WIB

Tembok Polres Purwakarta Runtuh Tutup Saluran Air Picu Banjir


Reza Sunarya | Nusantara

TEMBOK milik Polres Purwakarta, Jawa Barat ambruk setelah di guyur hujan sejak Jumat malam (9/10). Menimpa satu rumah warga dan material bangunan tembok menutup saluran air utama sehingga menyebabkan perumanan Panorama Indah kebanjiran.

Tembok benteng Polres Purwakarta sepanjang 70 meter dan tinggi 10 meter ambruk, ditengah hujan deras sepanjang Jumat malam (8/10). Sebuah bangunan milik warga hancur tertimpa puing reruntuhan tembok.

Selain itu, saluran air ke Perumahan Panorana yang ada di bawah juga teetutup material tembok tersebut. Setidaknya 60 rumah warga terendam banjir dan hingga kini air belum sepenuhnya surut.

"Kejadiannya saat hujan lebat dan bersamaan juga sedang padam listrik. Tiba-tiba tembok milik Polres Purwakarta ambruk dan menimpa satu bangunan milik warga," ujar Ketua RW 13 Perum Panorama Indah, Asep Supiandi.

Disebutkan Asep, terdapat dua titik longsoran tembok milik Polres Purwakarta tersebut dan yang paling terparah yang berada di blok A9. Asep berharap pelaksana proyek membuat tembok bertanggungjawab mengganti kerusahan yang ditimbulkan.

Hingga Jumat siang, warga masih berupaya membersihkan material yang menimpa bangunan milik warga. Termasuk membersihkan material di saluran air dan berupaya mengalihkan air dari saluran yang tertutup material tembok.

Sementara sebuah alat berat telah diperasikan untuk meratakan tanah bekas tembok yang ambruk. Sejauh ini belum ada keterangan  dari pihak Polres Purwakarta terkait ambruknya tembok tersebut. (OL-13).

BERITA TERKAIT