09 October 2020, 12:10 WIB

DPRD Dorong Prioritas Penanganan Banjir Jakarta di APBD Perubahan


Hilda Julaika | Megapolitan

WAKIL Ketua DPRD DKI Komisi D Nova Harivan Paloh meminta adanya prioritas penanggulangan banjir. Hal ini akan dilakukan dengan mendorong Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2020.

“Karena adanya pandemi maka segala macam dana dari Dinas SDA itu akan dialihkan ke penanggulangan covid-19. Jadi memang tahun ini hanya bisa lakukan pemeliharaan saja. Makanya kami di Pansus banjir DPRD mau mendorong adanya APBD Perubahan yang bisa kita prioritaskan ke penanggulangan banjir,” kata Nova saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (9/10).

Pihaknya memaparkan ada beberapa prioritas yang akan dilakukan. Pertama, terkait dengan masalah pompa-pompa yang rusak dan terendam, lalu keterkaitan antara pemerintah pusat dan Pemprov DKI dalam penanggulangan ini, dan masalah normalisasi serta waduk.

“Artinya seberapa besar dananya nanti untuk masalah prioritas penanggulangan banjir ini," jelasnya.

Baca juga:  Pansus Banjir Temukan Sejumlah Masalah

Pihaknya akan terus melakukan rapat di Komisi D DPRD DKI Jakarta. Sehingga nanti pun semakin kuat pembahasannya di Rapat Paripurna APBD Perubahan.

Sementara itu, untuk sumur resapan pihaknya mengatakan tak bisa menjadikan prioritas untuk tahun ini. karena keterbatasan biaya tersebut. Ditambah dalam penanganan banjir tidak hanya cukup dengan melakukan penggalian sumur resapan.(OL-5)

BERITA TERKAIT