09 October 2020, 11:34 WIB

Aceh Perlu Pemerataan Guru Berprestasi


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

REKTOR Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Samsul Rizal mengusulkan supaya kepala sekolah dan guru berprestasi disebarkan secara merata ke semua sekolah di Aceh. Terutama ditempatkan pada sekolah-sekolah kualitas pendidikannya masih rendah seperti di kawasan pedalaman atau kepulauan tepencil. Hal itu disampaikan Samsul Rizal, saat diskusi daring dengan Dinas Pendidikan (Disdik) dari berbagai kabupaten/kota di Aceh, Kamis (8/10).

Menurutnta pemerataan penempatan tenaga kependidikan berprestasi itu untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan di Aceh. Semua sekolah memiliki guru berprestasi dan tidak tertumpu pada lokasi tertentu saja. Dengan demikian potensi kecerdasan anak didik dimana saja dapat terdongkrak.

Hadirnya guru berprestasi tersebut diharapkan dapat menaikkan kualitas sekolah, sehingga melahirkan anak didik yang mampu bersaing. 

"Kondisi sekarang ini, mereka yang berprestasi banyak terkonsentrasi di satu sekolah atau satu kawasan. Makan perlu ada perubahan supaya mutu pendidikan generasi muda di Aceh akan lebih baik" kata  Samsul Rizal.

baca juga: Keluarga Berperan Sentral dalam Kampanye 3M

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Unsyiah, Chairil Munawir menambahkan diskusi daring ini merupakan tindak lanjut untuk menyikapi hasil dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang dirilis beberapa waktu lalu. Dalam laporan LTMPT disebutkan, Aceh menjadi salah satu provinsi dengan nilai terendah Tes Potensi Skolastik (TPS) saat Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) tahun 2020.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Tengah, Uswatuddin, mengharapkan diskusi tersebut bisa menghasilkan kebijakan di sektor pendidikan di setiap kabupaten/kota, sehingga tiap daerah tidak jalan sendiri-sendiri. (OL-3)

BERITA TERKAIT