09 October 2020, 11:25 WIB

Kios Terbakar, Pemprov DKI akan Beri Bantuan Modal pada Pedagang


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan para oknum pendemo penolakan Omnibus Law, Kamis (8/10), turut membakar beberapa kios pedagang buku di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Prihatin dengan hal tersebut, ia akan berupaya memberikan bantuan bagi para pedagang.

Pertama, ia akan memanggil para pedagang untuk mendata dan mengetahui kerusakan dan kerugian yang dialami sebagai dampak pengrusakan dan pembakaran tersebut.

"Karena itu nanti di Pemprov DKI akan panggil semua pengusaha yang terdampak akibat kejadian kemarin," ujarnya saat meninjau kawasan Tosari, Jumat (9/10).

Baca juga: Anies Sayangkan Pendemo Omnibus Law Bakar Kios Buku Pasar Senen

Bantuan permodalan akan diberikan kepada pedagang agar bisa kembali beraktivitas usaha. Bantuan modal itu bisa dalam berbagai bentuk di antaranya kredit pinjaman.

"Yang punya usaha perbukuan dan lainnya nanti akan kita bantu untuk dapat permodalan agar mereka bisa kembali aktivitas lagi. Nanti pinjaman-pinjaman modal kita akan bantu sehingga mereka bisa segera memulai kembali usahanya apalagi ini terkait perbukuan," kata Anies.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara mengatakan di kawasan Simpang Lima Senen, Jakarta Pusat, ada eks bioskop Grand Theater, dua kios buku, tiga halte Transjakarta dan dua kendaraan petugas yang sedang melakukan kegiatan ikut terbakar dalam aksi demonstrasi kemarin.(OL-5)

BERITA TERKAIT