09 October 2020, 06:16 WIB

Irlandia Utara, Slowakia Butuh Adu Penalti ke Final Playoff UEFA


mediaindonesia.com | Sepak Bola

TIM nasional Irlandia Utara dan Slowakia sama-sama membutuhkan adu penalti untuk memenangi laga semifinal playoff UEFA Euro 2020 pada Kamis waktu Eropa (Jumat 9/10 WIB) dan mengamankan tempat masing-masing di final Jalur B. Irlandia Utara yang bertandang ke Stadion Grbavica, Sarajevo, menang adu penalti 4-3 setelah sebelumnya sukses memaksakan hasil imbang 1-1, demikian catatan laman resmi UEFA.

Tim besutan Ian Baraclough sempat tertinggal lebih dulu akibat gawangnya dijebol Rade Krunic pada menit-menit awal, tetapi Niall McGinn berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-53. Miralem Pjanic hampir merestorasi keunggulan Bosnia pada menit ke-62, tetapi eksekusi tendangan bebasnya masih membentur mistar gawang.
  
Dalam adu penalti kiper Bailey Peacock-Farrell berhasil menghalau eksekusi algojo kedua Bosnia Herzegovina Haris Hajradinovic yang disusul oleh tembakan Edin Visca membentur mistar gawang.Kendati penendang ketiga George Saville gagal menyarangkan bola ke gawang, algojo pemungkas Irlandia Utara Liam Boyce sukses memastikan langkah mereka ke final playoff dengan kemenangan adu penalti 4-3 atas Bosnia.
  
Adu penalti juga terjadi di Stadion Narodny Futbalovy, Brastislava, setelah Slowakia main nirgol lawan Republik Irlandia hingga 120 menit pertandingan. Irlandia sebetulnya hampir memenangkan pertandingan dalam babak tambahan pertama, tetapi bola sepakan Alan Browne membentur mistar gawang. Browne kembali jadi sorotan sebab gagal melakoni tugasnya sebagai algojo ketiga Irlandia, saat bola tendangannya dihentikan dengan baik oleh kiper Marek Rodak.

baca juga: Kalahkan Belarusia, Georgia ke Playoff Kualifikasi Euro
  

Kegagalan itu disusul oleh rekannya, saat eksekusi Matt Doherty membentur mistar gawang memastikan kemenangan adu penalti 4-2 bagi Slowakia. Final playoff Jalur B akan digelar di Windsor Park, Belfast, dengan Irlandia Utara menjamu Slowakia pada 12 November. Baik Irlandia Utara maupun Slowakia baru sekali tampil di putaran final EURO pada edisi terakhir empat tahun silam. (OL-3)

BERITA TERKAIT