09 October 2020, 01:16 WIB

Kemenhub Targetkan Perluasan Jaringan Kereta Api 10.524 Km


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, sesuai rencana induk perkeretaapian nasional sasaran pengembangan jaringan dan layanan perkeretaapian yang dicapai pada 2030 terfokus pada perluasan jaringan perkeretaapian nasional.

Hal itu disampaikan Budi saat meninjau Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) di Madiun, Jawa Timur, Kamis (8/10).

"Targetnya jaringan perkeretaapian mencapai 10.524 kilometer tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua termasuk jaringan kereta api perkotaan sepanjang 3.755 kilometer," tutur Menhub dalam keterangan resminya.

Menhub mendorong Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) sebagai salah satu sekolah di bawah Kemenhub untuk mencetak SDM yang baik di sektor perkeretaapian.

Baca juga : Transaksi Digital Lebih dari 5 Menit, Awas Diretas

Budi menjelaskan, kunci utama dalam berbagai pembangunan infrastruktur transportasi yang tengah digenjot Pemerintah adalah tersedianya sumber daya manusia (SDM) transportasi yang profesional dan kompeten.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri mengungkapkan, pihaknya bakal terus menjalankan belasan Proyek Strategis Nasional (PSN) kereta api di tengah pandemi covid-19.

Ada 16 PSN bidang kereta api yang bakal ditargetkan selesai pengerjaannya. Salah satunya ialah membangun jalur kereta api (KA) di Sulawesi.

"Insya Allah di masa pandemi kita bisa membangun atau dioperasikan di awal tahun depan atau 2022 di Sulawesi," jelas Zulfikri. (OL-7)

BERITA TERKAIT