09 October 2020, 01:13 WIB

Cak Machfud Bakal Berdayakan UMKM di Eks Lokalisasi Dolly


Syarief Oebaidillah | Nusantara

CALON Walikota Surabaya Machfud Arifin dengan tegas menolak keberadaan lokalisasi di Kota Pahlawan. Apalagi menghidupkan kembali distrik Dolly.

Menurutnya, segala bentuk upaya untuk menghidupkan kembali lokalisasi harus ditolak. Kendati dengan alasan ekonomi, Machfud Arifin yang akrab disapa Cak Machfud tetap menolak keberadaan lokalisasi di Kota Surabaya tersebut.

Pria kelahiran Ketintang ini berpendapat masih banyak solusi lain selain lokalisasi untuk menghidupkan perekonomian warga di wilayah-wilayah eks-lokalisasi seperti Dolly.Diantaranya dengan menggalakkan pemberdayaan UMKM secara menyeluruh.

"Kita akan menggeliatkan kembali UMKM di daerah eks-lokalisasi seperti Dolly. Insya Allah kondisi perekonomian warga di wilayah eks-lokalisasi akan kita kembalikan seperti masa dulu tapi tidak dengan bisnis lokalisasi, masih ada cara lain seperti UMKM," tutur Cak Machfud.

Lebih lanjut, mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Ma'ruf ini menuturkan pembinaan UMKM akan dilakukan secara menyeluruh hingga pemasaran tidak hanya sekedar formalitas pelatihan. Dengan ini, Cak Machfud menginginkan warga eks-lokalisasi berdaya secara ekonomi melalui sektor UMKM.

Baca juga : Tri Rismaharini Marah Demonstran Merusak Pot Tanaman

"Kekuatan ekonomi harus bisa kita kembalikan dengan upaya-upaya yang lebih baik seperti sektor UMKM. Pemberdayaan akan kita lakukan dari awal hingga akhir, mulai dari permodalan, pelatihan, pendampingan dan pemasaran," ujar Cak Machfud.

Terakhir, Tokoh Pemimpin yang dikenal peduli ini optimistis masyarakat Kota Surabaya memiliki potensi di bidang UMKM, termasuk warga Dolly. Apalagi di wilayah ini terdapat bangunan milik pemkot yang dapat dikembangkan menjadi sentra UMKM.

"Masyarakat memiliki potensi jika kita berikan pelatihan dengan benar, keinginan mereka untuk menjadi sejahtera juga tinggi, kami akan hadir untuk mengakomodir hal ini. Kami tidak akan membiarkan warga berjuang sendirian, kami pasti akan hadir untuk membantu," pungkas Cak Machfud.

Seperti diketahui Cak Machfud mendapat dukungan 8 partai pengusung dalam pencalonannya menjadi kandidat Cawalkot Kota Surabaya diantaranya,didukung oleh partai NasDem.(OL-7)

BERITA TERKAIT