09 October 2020, 00:12 WIB

Dua Hari Kedepan, Beberapa Wilayah RI Berpotensi Hujan Lebat


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan tentang potensi terjadinya hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah wilayah Indonesia pada 8-10 Oktober menyusul mulai masuknya musim penghujan di Indonesia.

Sejumlah daerah yang terpantau berpotensi turun hujan lebat disertai angin kencang, antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat.

Hal itu disebababkan terpantaunya bibit siklon tropis 91W di Teluk Thailand bagian timur yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi yang memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka. Bibit siklon tropis 92W juga terpantau di Filipina bagian utara yang membentuk konvergensi memanjang dari Kalimantan tengah hingga Laut Sulu.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar bibit siklon 91W dan 92W serta di sepanjang daerah konvergensi tersebut seiring dengan arah gerak kedua bibit siklon tropis ke arah barat," kata Kepala bidang Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Taufan Maulana, Kamis (8/10)

Baca juga : BMKG Peringatkan Aceh, Bengkulu dan Sumsel Siaga Banjir

Sirkulasi Siklonik terpantau di perairan barat Bengkulu yang membentuk daerah-daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Laut Jawa bagian barat hingga perairan barat Bengkulu. Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di perairan utara Papua. Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan disepanjang daerah konvergensi tersebut

Pada Jumat (9/10), wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat, yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, dan Maluku Utara. Sementara untuk Sabtu (10/10), wilayah yang berpotensi hujan lebat ialah berkurang menjadi Riau, DKI Jakarta, dan Maluku Utara.

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan. (OL-7)

BERITA TERKAIT