08 October 2020, 22:44 WIB

Demonstrasi UU Cipta Kerja, Puluhan Polisi di Sumut Terluka


Yoseph Pencawan | Nusantara

PULUHAN polisi mengalami luka-luka saat melakukan pengamanan jalannya demonstrasi menentang UU Cipta Kerja di Sumatra Utara, Kamis (8/10), akibat pelemparan dan bentrok dengan pendemo.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, para personel yang terluka berasal dari sejumlah daerah di provinsi itu. "Berdasarkan catatan yang kami terima, untuk personel Polrestabes Medan yang terluka berjumlah 7 orang, Polres Siantar berjumlah 4 orang, Polres Labuhanbatu berjumlah 20 orang dan Polres Padangsidimpuan berjumlah 3 orang," ungkapnya, Kamis (8/10) malam.

Dia menjelaskan, mereka terluka terutama akibat terkena lemparan yang dilakukan demonstran. Namun mereka sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit setempat dan untuk personel Polrestabes Medan sudah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Sumut di Medan.

Selain puluhan personel terluka, demonstrasi menentang UU Cipta Kerja itu juga mengakibatkan sejumlah kendaraan dinas milik Polda Sumut mengalami kerusakan. Di depan gedung DPRD Sumut di Kota Medan, sejumlah kendaraan yang dirusak pendemo antara lain satu unit bus, mobil jenis sedan, dan minibus.

Para pendemo melempari kendaraan-kendaraan yang diparkir di pinggir jalan itu dengan batu. Personel yang melihat aksi pengerusakan itu langsung bergerak cepat menangkap para pelempar.

"Para pendemo yang terlibat aksi pengerusakan mobil dinas itu telah kita tangkap. Kini, mereka masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut," ujar Tatan. (R-1)

 

BERITA TERKAIT