08 October 2020, 20:35 WIB

Djokovic Bantah Punya Masalah Mental Saat Hadapi Busta


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

KEMENANGAN petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic atas petenis Spanyol Pablo Carreno Busta di perempat final tunggal putra Prancis Terbuka 2020, Kamis (8/10) menyisakan kontroversi. Pasalnya dalam laga yang dimenangi Djokovic 4-6, 6-2, 6-3, 6-4, petenis Serbia itu sempat meminta perawatan medis usai babak pertama.

Djokovic menyebut dirinya mengalami cedera pada leher dan bahu. Setelah mendapat perawatan, Djokovic tampil mengesankan untuk merebut tiga set berikutntya.

Mantan pelatih Djokovic, Boris Becker menilai apa yang terjadi di Roland Garros dikarenakan Djokovic mengalami masalah mental akibat insiden di AS Terbuka beberapa waktu lalu. Saat itu, Djokovic yang menghadapi Busta di perempat final, tidak mampu menahan emosi saat dirinya tertekan oleh lawan.

Untuk meluapkan emosi, Djokovic memukul bola yang tanpa sengaja mengenai hakim garis. Akibat ulahnya itu, Djokovic didiskualifikasi.    

Hal itu juga dipertanyakan Busta. Ia mengatakan kesakitan yang dialami Djokovic terjadi saat petenis Serbia itu mengalami kesulitan saat bermain. "Dia selalu melakukan hal itu, setiap kali permainan menjadi sulit baginya dan dia meminta istirahat medis," ucap Busta

"Saya tidak tahu apakah dia menderita nyeri bahu kronis atau apakah itu masalah mental, tapi dia dapat bermain normal saat permainan kembali,"  tururnya.

Mendengar tuduhan tersebut, Djokovic membantah bahwa dirinya memiliki masalah mental. Ia mengatakan masalahnya berada pada fisiknya.

"Tidak-tidak sama sekali buka itu masalah mental. Aku memberitahu bahwa aku sudah melupakan (kejadian diskualifikasi di AS Terbuka). Aku sudah tidak memikirkannya sama sekali," tukasnya. (AFP/R-1)

BERITA TERKAIT