08 October 2020, 19:43 WIB

Satgas Covid-19 Apresiasi Sulawesi Selatan dan Jawa Timur


Atalya Puspa | Humaniora

SATUAN Tugas Penanganan Covid-19 memberikan apresiasi kepada Provinsi Sulawesi Selatan dan Jawa Timur atas prestasinya dalam mengendalikan kasus covid-19 selama sepekan terakhir.

"Sulawesi Selatan dan Jawa Timur adalah contoh dua provinsi yang terus meningkatkan penanganan covid-19 yang membuahkan hasil minggu ini," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (8/10).

Wiku menuturkan, dalam sepekan terakhir, tidak ada lagi zona merah di kabupaten/kota pada dua provinsi tersebut.

"Seluruh kabupaten/kota di zona merah sudah berpindah di zona oranye. Tidak ada lagi zona merah di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan," bebernya.

Selain itu, Sulawesi Selatan berhasil menurunkan kasus mingguan sebanyak 30,1% dan Jawa Timur sebanyak 8%. Persentase kesembuhan di masing-masing provinsi juga menempati urutan tertinggi di tingkat nasional, yakni Sulawesi Selatan sebesar 81,93% dan Jawa Timur sebesar 88,53%.

"Di Sulawesi Selatan, kematian juga menurun 46,2% dalam sepekan. Satgas mengapresiasi Jawa Timur dan Sulawesi Selatan yang sudah mengendalikan kasus," bebernya.

Wiku berharap, prestasi tersebut dapat dipertahankan sehingga dapat berkontribusi dalam penurunan kasus nasional.

Selain itu, dirinya mengingatkan kepada pemerintah daerah lain, khususnya delapan provinsi prioritas untuk mengikuti jejak Sulawesi Selatan dan Jawa Timur.

"Pemda yang masih belum mencatatakan hasil positif harus melaksanakan monitoring ketat bagi warganya. Tegakkan sanksi tegas bagi yang melanggar. Tingkatkan pula kontak tracing," tandasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT