08 October 2020, 17:32 WIB

Genjot Produksi, Kabupaten Pati Dapat Bantuan 88 Unit Alsintan


mediaindonesia.com | Nusantara

KABUPATEN Pati, Jawa Tengah, kembali mendapat bantuan alat mesin pertanian (alsintan) sebanyak 88 unit. Bantuan ini disalurkan melalui aspirasi anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, pada masa pandemi covid-19 ini saatnya semua lini bergerak untuk membantu dan meyakinkan bahwa kondisi akan baik-baik saja.

"Negara sedang dalam kondisi yang tidak biasa dan kita sebagai pejabat pemerintah di bidang pertanian bersama wakil rakyat harus hadir menyelamatkan 267 juta jiwa penduduk Indonesia," ujar SYL, Kamis (8/10).

Ditambahkan Mentan, yang terlihat bahwa panen padi masih berlangsung di beberapa wilayah, proses menanam juga langsung dilakukan. Ia menambahkan bahwa kebutuhan pangan rakyat dipastikan tercukupi.

“Ada dua sektor yang tidak boleh berhenti dalam situasi seperti ini yaitu sektor pertanian dan kesehatan. Oleh karena itu, Kita tidak boleh lengah menyediakan bahan pangan," tuturnya.

Sementara, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy, mengatakan, pihaknya akan terus memaksimalkan penggunaan alsintan seperti traktor roda dua dan roda empat untuk pengolahan tanah persiapan musim tanam.

“Proses panen dan tanam harus terus berjalan. Dengan menggunakan alsintan, maka tidak membutuhkan banyak orang berkerumun saat melaksanakan panen. Alsintan seperti traktor roda 2 dan roda 4 juga bisa dimaksimalkan untuk pengelolaan tanah menjelang musim tanam,” ucap Sarwo Edhy.

Ia menambahkan, petani juga bisa melakukan sewa pinjam Alsintan yang dikelola Brigadir Alsintan, Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) di daerah masing-masing.

“Dengan menggunakan alsintan, petani akan lebih hemat dan lebih cepat dalam proses menanam juga panen,” kata Sarwo Edhy. 

Adapun alsintan yang diberikan untuk Kabupaten Pati meliputi traktor roda empat sebanyak lima unit, combine harvester multiguna sebanyak dua unit, combine harvester besar sebanyak 1 unit, combine harvester sedang sebanyak satu unit.

Selanjutnya, traktor roda dua sebanyak 25 unit, pompa air 3” sebanyak satu unit pompa air 4” sebanyak 19 unit pompa air 6” sebanyak lima unit, transpanter sebanyak  dua unit, cultivator sebanyak 8 unit, hand sprayer sebanyak empat unit, power traser sebanyak lima unit, conseler sebanyak empat unit, power trasher mobile multiguna sebanyak 4 unit dan power trasher multiguna sebanyak satu unit.

Firman Soebagyo mengatakan, penggunaan alsintan harus dilakukan seiring kemajuan teknologi di era modern ini. "Apabila peruntukannya tidak sesuai maka akan dicabut haknya," ucapnya.

"Bantuan tersebut untuk menunjang kegiatan petani dan untuk bisa meningkatkan hasil produksi pertanian. Dengan harapan petani bisa sejahtera dan makmur serta menjadi sentral pangan kedepannya," ujar Firman.

Sementara itu, Kepala Distankan Pati, Muhtar Efendi, menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas bantuan Alsintan yang diupayakan Anggota DPR RI Firman.

“Untuk ke depan alsintan-alsintan lainnya yang perlu diinventarisir yang sangat dibutuhkan sehingga dalam usaha pertanian efektif dan efisien. Penyerahan bantuan ini waktunya tepat, karena sebentar lagi akan digunakan oleh petani dalam budidaya pertanian," ujar Muhtar.

"Dengan adanya bantuan alsintan yang telah diberikan, lanjutnya, tidak justru disalahgunakan oleh kelompok tani. Sehingga dengan teknologi ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para petani. 

"Kami berharap petani yang menerima langsung dapat memanfaatkan bantuan secara optimal," tutup Muhtar. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT