09 October 2020, 06:15 WIB

Oscar Perbolehkan Film Tayang di Drive-In Cinema


Fathurrozak | Weekend

ACADMEDY of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), sebagai penyelenggara Academy Awards belum lama memperbarui syarat kelayakan Oscar ke-93 (2021). Dalam persyaratan terbaru tersebut, memungkinkan film yang ditayangkan di drive-in memenuhi syarat untuk kategori film terbaik dan entri umum.

Sebelumnya, pada April, AMPAS telah merilis peraturan yang menyebutkan film-film non rilis bioskop tetap layak untuk masuk dalam seleksi Oscar 2012. Aturan terbaru yang dikeluarkan pada (6/10) di laman resmi Oscar.org., menambahkan poin terkait diperlukannya pemutaran bioskop selama sepekan, dan drive-in (bioskop dari balik kemudi) dihitung sebagai tempat pemutaran publik komersial layaknya di jaringan bioskop. Academy Awards ke-93 akan berlangsung pada 25 April 2021.

Aturan baru yang dirilis AMPAS tersebut berbunyi: “Film yang dimaksudkan untuk rilis bioskop, tetapi pada awalnya tersedia melalui streaming komersial, layanan VOD atau siaran lain dapat memenuhi syarat dengan membuat film tersebut tersedia di situs anggota Ruang Pemutaran Academy yang aman dalam waktu 60 hari setelah streaming / rilis VOD film atau tayangan.” 

Dalam aturan baru itu, juga disebutkan, “Film mungkin memenuhi syarat dengan rilis bioskop tradisional, menyelesaikan pertunjukan tujuh hari di salah satu dari enam kota yang memenuhi syarat (Los Angeles, New York, San Francisco / Bay Area, Chicago, Miami, Atlanta), pemutaran setidaknya tiga kali sehari, dengan setidaknya satu pemutaran antara pukul 6 sore dan 10 malam setiap hari. Selain itu, bioskop drive-in di kota-kota ini sekarang akan memenuhi syarat sebagai tempat komersial, namun, persyaratan pemutaran akan disesuaikan dari tiga kali sehari menjadi sekali sehari. Film yang memiliki rilis bioskop tidak perlu dikirim ke Ruang Pemutaran Academy dalam waktu 60 hari — Ini opsional,”. (M-1)
 

BERITA TERKAIT