08 October 2020, 15:35 WIB

Konvoi Buruh Sempat Tutup Jalur ke Surabaya


Heri Susetyo | Nusantara

KONVOI ribuan buruh dari Kabupaten Sidoarjo, Pasuruan, dan Mojokerto berhenti di Bundaran Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Aksi ini menutup akses masuk ke Kota Surabaya, Kamis (8/10).

Awalnya, para buruh itu saling menunggu di wilayah Bundaran Waru. Saking banyaknya buruh yang berkumpul di Bundaran Waru sehingga menutup akses jalan ke Surabaya.

Aksi buruh itu juga menimbulkan kemacetan panjang. Kemacetan terjadi dari arah Mojokerto maupun Sidoarjo menuju ke Kota Surabaya.

Untuk memecah blokade "buruh, aparat kepolisian dipimpin Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKB Teddy Tjandra berusaha melakukan negoisasi dengan perwakilan buruh. Hal ini dilakukan karena aksi buruh dinilai mengganggu kepentingan pengguna jalan yang lain.

"Tolong kawan-kawan buruh segera berangkat ke Surabaya agar tidak mengganggu pengguna jalan lain, kata Teddy.

Buruh akhirnya bersedia mengakhiri blokade di Bundaran Warudan. Mereka bergerak ke Kota Surabaya untuk berkumpul dengan buruh dari daerah lain, seperti Gresik dan Surabaya.

Mereka menolak pengesahan RUU Cipta Kerja menjadi undang-undang. Buruh menilai Undang-undang Cipta Kerja lebih mementingkan pengusaha dan merugikan nasib pekerja. (OL-14)

BERITA TERKAIT