08 October 2020, 14:30 WIB

Keluarkan Instruksi, Dinas Gulkarmat Ikut Siaga Tangani Banjir


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KEPALA Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan menerbitkan Instruksi No 52 tahun 2020 tentang Persiapan Penanganan dan Pengendalian Banjir atau Genangan Menghadapi Musim Hujan di Wilayah DKI Jakarta.

Melalui instruksi tersebut pihaknya mengatakan akan ikut terlibat siaga dan mengantisipasi banjir serta genangan selama musim hujan di Ibu Kota.

Baca juga: Kadis Gulkarmat DKI: Gedung DPR RI akan Sterilisasi Mandiri

"Kami kan punya kepala sektor (kasektor) di wilayah kecamatan. Kasektor itu yang nantinya akan berkoordinasi dengan lurah, camat, dan Suku Dinas Sumber Daya Air di wilayah untuk pengendalian banjir," kata Satriadi saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (8/10).

Ia menjelaskan dalam pengendalian genangan, pihaknya mendukung dengan mengerahkan petugas dan mobil pemadam kebakaran guna melakukan penyemprotan berdaya semprot tinggi ke saluran-saluran yang tersumbat.

"Kan kita memiliki mobil penyemprot dengan kekuatan 10-17 bar. Itu semprotannya sangat kuat untuk mengurai penyumbatan yang sulit dilakukan oleh petugas," ujarnya.

Di sisi lain, mobil-mobil pemadam kebakaran yang memiliki daya sedot juga bisa dikerahkan untuk memompa air yang menggenangi jalan atau permukiman warga.

"Bisa juga kita kerahkan mobil untuk memompa kalau memang di lokasi itu tidak ada. Jadi kita juga sudah memiliki titik-titik yang rawan dan tentunya pompa sudah disediakan. Tapi bilamana kurang kami siap menambah," jelasnya.

Instruksi ini ia terbitkan juga sebagai tindak lanjut dari arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Sudah ada rencana operasi tiap stake holder untuk siaga banjir. Ini yang kita lakukan, stake holder saling kolaborasi," tandasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT