08 October 2020, 13:40 WIB

Dihadang Polisi, Mahasiswa Demonstrasi di Patung Kuda


Deden Muhamad Rojani | Politik dan Hukum

RATUSAN mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda Jakarta Pusat, Kamis (8/10). Sebelumnya, ratusan mahasiswa dihadang aparat kepolisian di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, saat menuju Istana Negara.

Koordinator lapangan Aliansi Mahasiswa, Agus, menuturkan, aksi tersebut menuntut penghentian seluruh pembahasan tentang Omnibus Law Cipta Kerja dan meminta pemerintah fokus menangani pandemi covid-19.

“Sebetulnya target kami menggelar aksi di depan Istana. Cuma banyak jegalan dari polisi, kami dialihkan ke area Patung Kuda,” ungkap Agus, Kamis (8/10) saat ditemui.

Agus mengungkapkan, elemen mahasiswa yang hadir terdiri dari organisasi HMI, PMII, dan IMM. “Kami telah melakukan negosiasi untuk bisa menggelar aksi di depan Istana, tapi tidak bisa,” tutupnya.

Pantauan Media Indonesia, petugas kepolisian menutup Jalan Medan Merdeka Barat, tepatnya di depan Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, di Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Aparat polisi, yang berjaga di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat, mengalihkan kendaraan bermotor melewati Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Budi Kemuliaan.

Penutupan jalan Medan Merdeka Barat dilakukan sejak pukul 06.00 WIB. Beberapa kendaraan kepolisian barracuda dan water cannon bersiaga di sekitar lokasi. (OL-14)

BERITA TERKAIT