08 October 2020, 13:45 WIB

Menteri Sosial: Bantuan Sosial Tunai Berlanjut Hingga Juni 2021


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

BANTUAN sosial tunai (BST) berlanjut hingga Juni 2021. Hal itu dikemukakan Menteri Sosial Juliari P Batubara dalam kunjungannya ke Surabaya, Jawa Timur, Rabu (7/10).

"Walaupun nilainya tidak seberapa, bantuan ini tetap akan dilanjutkan di Januari-Juni (2021). Yang terpenting adalah uang nya di gunakan untuk kebutuhan-kebutuhan yang baik. Jangan di gunakan untuk beli rokok," kata Mensos.

Pada kunjungannya itu, Mensos juga menyerahkan secara simbolis Bansos Beras bagi KPM PKH, beliau juga menyaksikan secara langsung proses pencairan Program Sembako di E-Warong Berkah Jaya. Disampaikan bahwa sebanyak 200ribu KPM di Surabaya menerima Program Sembako dari Kementerian Sosial.

Dalam laporannya, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menyampaikan bahwa penyaluran BST senilai Rp300 ribu di Surabaya telah mencapai 99,9%.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, ia pernah meminta kepada Mensos Juliari untuk dapat memberikan bantuan bagi masyarakat Surabaya yang terkena dampak Covid-19. Ia pun mengucapkan terima kasih karena permintaannya dikabulkan.

“Alhamdulillah Pak Menteri langsung menjawab, “Ya mba, saya tambah,” kata Risma.

Kepada Risma, Mensos menyampaikan, program Bantuan Sosial merupakan program Presiden, “Bila tidak ada instruksi dari Bapak Presiden, bantuan ini belum tentu ada. Jadi Terimakasih juga kepada Bapak Presiden,” ucap beliau yang diikuti oleh tepuk tangan yang hadir di acara tersebut.

Selain BST, BSB, dan bantuan sosial dari Kementerian Sosial, pemerintah juga meluncurkan berbagai jenis bansos, di antaranya BLT dana desa, kartu prakerja. Selain itu, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota juga menyiapkan bansos. (H-2)

BERITA TERKAIT