08 October 2020, 12:37 WIB

Pertama Kali Perawat Covid-19 di Riau Gugur Terjangkit Korona


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

UNTUK pertama kalinya di Riau, seorang perawat yang selama ini berjuang langsung menangani pasien Covid-19 gugur lantara terkonfirmasi positif covid-19. Sebelumnya, sejumlah tenaga kesehatan perawat atau dokter yang tidak menangani covid-19 di Riau sudah ada meninggal dunia terjangkit Covid-19. Namun kali ini almarhumah Sisca Febrianti, 31 adalah perawat yang sehari-hari bertugas menangani langsung pasien Covid-19.

"Sisca Febrianti, 31, adalah perawat yang menangani pasien Covid di ruangan isolasi Covid-19 Rumah Sakit Ibnu Sina sejak April. Beliau perawat berdedikasi tinggi, tidak pernah mengeluh selama 6 bulan dan tidak pernah minta pindah area kerja. Beliau anak yatim yang juga menafkahi dua orang adiknya. Beliau terpapar Covid sejak 8 hari yang lalu, dipindahkan ke ICU sejak 6 hari yang lalu dan memakai ventilator," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Riau, dokter Indra Yovi di Pekanbaru, Kamis (8/10).

Yovi mengungkapkan, mendiang Sisca merupakan tenaga kesehatan pertama yang meninggal setelah berjuang menangani Covid. 

"Kami semua tenaga kesehatan yang maju langsung menangani Covid di ruangan isolasi Covid sangat terpukul dan sedih atas musibah hari ini. Tapi kami tetap akan terus melayani semua pasien Covid. kami tidak akan mundur hanya gara-gara isu-isu yang tidak penting. Kami ikhlas dan tetap bersemangat," papar Yovi.

Yovi menambahkan, Sisca akan selalu  dikenang lantaran meninggal di usia yang masih muda yakni 31 tahun. 

"Kami tidak akan mengecewakan beliau, kami akan terus berjuang. Terima kasih untuk semua yang sudah mendoakan Sisca dan mendoakan perjuangan kami," ungkap Yovi.

baca juga: Satgas Covid-19 Babel Minta KBM Tatap Muka Direm

Perawat Sisca Febrianti diketahui merupakan warga Jalan Lili No. 104 RT 006 RW 001, Kelurahan Kedung Sari, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru. Jenazah Sisca dilepas dengan protokol Covid-19 dari rumah sakit Ibnu Sina untuk selanjutnya dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Tengku Mahmud Palas, Kota Pekanbaru, Riau.(OL-3)

BERITA TERKAIT