08 October 2020, 10:23 WIB

Harris: Penanganan Covid-19 oleh Trump sebagai Kegagalan Terbesar


Nur Aivanni | Internasional

SENATOR Kamala Harris menyebut bahwa penanganan pandemi covid-19 di bawah pemerintahan Presiden AS Donald Trump sebagai 'kegagalan terbesar'. Itu disampaikannya saat debat antara dia dan Wakil Presiden Mike Pence pada Rabu (7/10).

"Rakyat Amerika telah menyaksikan kegagalan terbesar dari pemerintahan presiden mana pun dalam sejarah negara kita," kata Harris, yang merupakan pasangan calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden.

Menanggapi itu, Pence justru membalasnya dengan menuduh Harris merusak kepercayaan publik pada vaksin virus korona di masa depan melalui serangannya terhadap kredibilitas Trump. Jumlah kematian akibat pandemi di AS telah melebihi 210.000, dengan lebih dari 7,5 juta orang terinfeksi. Itu merupakan jumlah tertinggi di dunia.

baca juga: Biden Minta Debat Kedua Dibatalkan

Pence pun mengecam Harris atas pernyataannya yang mempertanyakan apakah vaksin yang dirilis di bawah Trump bisa dipercaya karena ada tekanan kuat pada presiden untuk menangani pandemi.

"Fakta bahwa Anda terus merusak kepercayaan publik terhadap suatu vaksin, jika vaksin tersebut muncul selama pemerintahan Trump, saya pikir itu tidak masuk akal," kata Pence. (AFP/OL-3)

BERITA TERKAIT