08 October 2020, 10:14 WIB

Pasien Covid-19 di Jepara Nekat Piknik Ke Bali Bersama Rombongan


Akhmad Safuan | Nusantara

KETIDAKPATUHAN warga terkonfirmasi covid-19 menjadikan penyebaran virus korona jenis baru semakin tidak terkendali. Seperti terjadi di Jepara, Jawa Tengah, seorang pasien positif covid-19, S, 50 seharusnya menjalani isolasi malah ikut rombongan piknik ke Bali.

Sebanyak 40 orang warga Jepara piknik ke Bali. Salah satunya adalah S pasien covid-19. Akibatnya, puluhan warga yang baru saja piknik harus menjalani swab test di Puskesmas Bangsri, Jepara, Kamis (8/10).

Peristiwa piknik ke Bali itu menggemparkan Jepara. Apalagi di kabupaten tersbeut kasus covid-19 masih tinggi. Dari 1771 kasus masih ada 273 orang dirawat, 146 meninggal dan 1.388 orang semnbuh.

"Kita langsung tangani kasus ini, puluhan orang dari 40 peserta kegiatan piknik ke Bali diperiksa dan dilakukan pelacakan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mundrikatun.

Mundrikatun menjelaskan bahwa kasus piknik ke Bali dilaksanakan pada 2 Oktober lalu dan pulang ke Jepara 6 Oktober. Sebanyak 40 orang berangkat menggunakan bus. 

"Satu peserta berinisial S, 50 diketahui positif covid-19 dan sedang menjalani isplasi. Ternyata ia nekat ikut piknik. Kami khawatir rombongan ini ada yang tertular, Sehingga kita langsung melakukan pemeriksaan dan tracking," lanjutnya.

baca juga: Sanksi Hukum Pelanggar Harus Setara 

Hal serupa juga terjadi di Kota Semarang. Ada kegiatan perpisahan guru pensiun. Tidak disangka dari rombongan acara perpisahan iyu ada yang terpapar korona. Akibatnya setelah dilakukan swab test, sejumlah guru positif covid-19.

"Kami langsung lakukan tracking tidak hanya pada pada peserta kegiatan, keluarga untuk memutus mata rantai penyebaran," kata KepalaDinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT