08 October 2020, 05:19 WIB

Kecuali Sumatra, Sebagian Besar Wilayah Indonesia Hadapi La Nina


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

KEPALA BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan awal Oktoner dipastikan terjadi fenomena La Nina pada level moderate seiring dimulainya musim hujan pada Oktober-November. Hal ini berpotensi menyebabkan peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

“Dengan adanya fenomena La Nina moderate ini diprediksi akan ada peningkatan curah hujan mulai bulan Oktober sampai November dan akan berdampak di hampir seluruh wilayah Indonesia, kecuali di Sumatra. Oleh karena itu saya mengajak semua untuk bersiap, karena ini sudah di depan mata,” kata Dwikorita dalam Rakornas Virtual Antisipasi Bencana Hidrometeorologi dan Gempabumi-Tsunami Tahun 2020/2021 Rabu (7/10).

baca juga: Antisipasi Klaster akibat Banjir

Ia menambahkan catatan historis menunjukkan bahwa La Nina dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di Indonesia 20% hingga 40% di atas normalnya, bahkan bisa lebih. Namun demikian, dampak La Nina tidak seragam di seluruh Indonesia. Pada bulan Oktober-November 2020, diprediksikan peningkatan curah hujan bulanan dapat terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia kecuali Sumatra.

"Pada Desember hingga Februari 2021, peningkatan curah hujan akibat La Nina dapat terjadi di Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Maluku-Maluku Utara dan Papua," sebutnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT