08 October 2020, 03:35 WIB

Nagita Slavina Tidak Ingin Memaksa Anak


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

PESOHOR Nagita Slavina Mariana Tengker, 32, sedih karena dituduh mengeksploitasi anaknya, Rafathar Malik Ahmad, 5, untuk ikut syuting vlog atau konten Youtube

Tudingan itu diarahkan warganet hingga menjadi trending topic di jagat Twitter. Pembahasan Rafathar itu ramai di media sosial setelah sang suami, Raffi Ahmad, 33, mengungkap soal Rafathar yang tidak suka diajak syuting. Hal itu di utarakan Raffi saat dalam obrolan podcast #Closethedoor youtuber Deddy Corbuzier pada 3 Oktober 2020. Obrolan itu segera menjadi buah bibir di kalangan warganet. 

Mereka menuduh dan menghakimi Raffi karena memaksa  anaknya untuk syuting demi mementingkan konten dan iklan untuk Youtube-nya. Pada Senin (5/10), di video channel Youtube miliknya Rans Entertaiment, Gigi panggilan akrab Nagita dan Raffi menjawab tudingan tersebut. Mereka juga ikut menampilkan Rafathar.

“Kalau anggapan orang dikiranya kita gimana sama Rafathar, pasti aku sama Raffi orang yang paling sedih. Aku sama kamu sebagai orangtuanya enggak akan mau bikin anaknya susah, bikin anaknya sedih,” ujar Gigi suara bergetar dan mulai menangis.

Air mata Gigi tidak dapat dibendung kala ia menceritakan soal anak semata wayangnya itu. Raffi Ahmad yang kala itu berada di sampingnya pun menguatkan sang istri. Gigi mengatakan, awalnya beragam video tersebut hanya diperuntukkan mengabadikan momen. Seiring dengan berjalannya waktu, Rafathar ikutan syuting karena banyak warganet juga yang senang lihat Rafathar.

Hingga akhirnya, di usianya yang ke-5, Rafathar mulai memahami situasi dan menyatakan sikapnya secara tegas. “Rafathar memang sudah mulai mengerti dan mencerna,” kata bintang film Di Sini Ada Setan (2004) dan Dealova (2005) itu.


Ajari tanggung jawab

Gigi dan Raffi tidak mau memaksakan keinginan mereka kepada Rafathar. Keduanya memahami posisi mereka sebagai orangtua. Mereka menghormati hak sang anak sembari mengajarkan juga tanggung jawab.

“Saya ingin mengajarkan Rafathar akan haknya dia sendiri, dia bisa juga bertanggung jawab. Misalnya malamnya aku tanya untuk bantuin syuting dia mau maka aku akan tagih janjinya,” kata Nagita.

Sebagai anak kecil, dunia Rafathar ialah bermain dan bermain. Menurut Gigi, anaknya itu termasuk pemalu dan kurang percaya diri sehingga jarang mau untuk disorot kamera.

Dengan menyadari hal itu, Gigi mencoba mendidik Rafathar untuk bisa mengungkapkan isi hatinya, termasuk soal apa yang disukai dan tidak disukai. Untuk melatih rasa percaya diri Rafathar, sebelum tidur, Gigi mencoba mengajaknya mengobrol tentang apa yang dilakukannya seharian, siapa yang ditemui, dan sebagainya, begitupun sebaliknya.

“Setiap orangtua punya cara masing-masing untuk mendidik anak dan paling tahu kita sebagai orangtuanya,” pungkas Gigi. (H-2)

BERITA TERKAIT