08 October 2020, 03:15 WIB

NK Dugopolje Uji Skuad Garuda Muda


MI | Sepak Bola

ENAM laga uji coba telah dirancang pelatih tim nasional Indonesia U-19 Shin Taeyong selama skuad Garuda Muda menjalani pemusatan latihan (TC) di Split, Kroasia.

NK Dugopolje menjadi lawan perdana David Maulana dan kawan-kawan di laga uji coba, hari ini. Shin Tae-yong mengungkapkan, kualitas lawan tanding dalam lanjutan uji coba di Kroasia sangat baik. Hal itu bisa membantu anak asuhnya meningkatkan performa selama (TC). 

“Kami fokus ke latihan taktik persiapan menghadapi pertandingan ketika menjelang uji coba. Lima pertandingan sudah pasti lawannya, sedangkan satu lawan lagi masih menunggu kepastian. Dari lima pertandingan ini, saya rasa lawannya kuat dan bagus untuk perkembangan tim,” kata Shin dilansir Youtube PSSI, kemarin.

Pada uji coba berikutnya, timnas U-19 bakal menghadapi Makedonia Utara, Minggu (11/10) dan Rabu (14/10). Selepas tiga uji coba tersebut, timnas U-19 meladeni Bosnia Herzegovina, masingmasing pada Selasa (20/10) dan Jumat (23/10). 

Sementara itu, uji coba terakhir pada Senin (26/10), masih menunggu kepastian dari Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS). Di lain sisi, Shin mengatakan pemindahan lokasi TC dari Svati Martin na Muri dan Zagreb ke Split untuk membuat suasana baru. 

Anak asuhnya juga membutuhkan cuaca yang lebih kondusif untuk menjalani latihan. Apalagi, wilayah utara Kroasia yang sudah memasuki musim gugur mengalami penurunan suhu cukup drastis di pagi dan sore hari. 

Pemindahan TC ke pesisir pantai di wilayah selatan Kroasia dinilai sangat cocok karena memiliki suhu lebih hangat. Timnas menjalani TC di Split sampai 27 Oktober.

“Waktu ideal untuk TC di luar negeri sebenarnya ialah satu sampai dua minggu. Namun, karena TC hampir dua bulan, kami harus mengubah suasana. Selain itu juga, untuk membiasakan pemain dapat beradaptasi di mana pun tempat mereka bermain,” kata Shin. (Mal/R-2)

 

BERITA TERKAIT