08 October 2020, 02:35 WIB

Nadal Bermodal Jumpa Schwartzman


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

RAFAEL Nadal untuk ke-13 kali mencapai semifinal grand slam Prancis Terbuka dengan kemenangan straight set atas petenis Italia Jannik Sinner, dini hari WIB kemarin, saat suhu di kompleks tenis Roland Garros turun menjadi 12 derajat celsius.

Nadal, kampiun 12 kali Prancis Terbuka, mengalahkan Sinner yang berusia 19 tahun dengan 7-6 (7/4), 6-4, 6-1. Kemenangan ke-98 sepanjang karier petenis kidal berusia 34 tahun itu di Roland Garros.

Selain itu, petenis kelahiran Mallorca, Spanyol, itu belum pernah kehilangan set di lima penampilan di Prancis Terbuka 2020. Nadal yang lebih menikmati bermain di bawah sinar matahari, mengeluhkan udara dingin kota Paris. Prancis Terbuka yang biasanya digelar pada musim  panas, kini harus mundur empat bulan akibat pandemi korona sehingga terpaksa digelar pada musim gugur.

“Saya tahu para pesepak bola bermain dalam kondisi seperti ini, tetapi mereka selalu bergerak,” kata Nadal.

“Sementara itu, kami tidak selalu bergerak, saya pikir ini berbahaya bagi tubuh dengan kondisi yang sangat berat ini,” imbuh petenis yang membidik gelar grand slam ke-20 untuk menyamai pesaing abadinya, Roger Federer.

Pertandingan ketat terjadi di babak pembuka, saat Sinner terus berusaha mencapai semifi nal pertamanya di Prancis Terbuka. Namun, ketangguhan Nadal membuat Sinner harus menghapus impian.

“Itu sangat sulit selama dua set pertama dan terutama pada akhir set pertama,” sebut Nadal. 

“Dia memukul bola dengan sangat keras dan udara dingin juga menyulitkan permainan, daya angkat bola berkurang,” tuturnya lagi. 

Nadal yang dijuluki ‘Raja Tanah Liat’ selanjutnya jumpa unggulan 12 asal Argentina Diego Schwartzman yang sukses menyisihkan juara AS Terbuka 2020 Dominic Thiem. Schwartzman memenangi pertarungan lima set 7-6 (7/1), 5-7, 6-7 (6/8), 7-6 (7/5), 6-2.

Dari 10 pertemuan melawan Schwartzman, Nadal dominan dengan memenangi sembilan laga. Hanya saja, Nadal harus waspada karena satu-satunya kekalahan dialami di Italia Terbuka 2020, pada bulan lalu.

“Dia ke semifinal dengan sangat percaya diri. Dia berhasil melaju ke semifinal dua turnamen dalam kurun waktu dua pekan,” kata Nadal mengomentari penampilan calon lawan di semifinal.

“Dia berhasil mencapai final Italia Terbuka dan kini semifinal Prancis Terbuka. Itu menjadi modal penting untuk dia. Saya tahu itu. Saya akan siap,” tandas Nadal.


Kvitova melaju

Di tunggal putri, unggulan ketujuh asal Republik Ceko Petra Kvitova melaju ke babak semifinal Prancis Terbuka, setelah menaklukkan petenis asal Jerman Laura Siegemund, tadi malam.

Kvitova menaklukkan Siegemund dua set langsung 6-3, 6-3. Ini sukses merebut tiket semifinal pertamanya sejak delapan tahun lalu. “Ini sangat berarti bagi saya. Ini semifi nal grand slam. Saya tidak menyangka berada di semifinal setelah semua yang terjadi,” imbuhnya.

Lawan Kvitova di semifinal yakni unggulan keempat Sofia Kenin (AS) yang semalam mengalahkan rekan senegaranya, Danielle Collins 6-4, 4-6, 6-0. Sedangkan semifinal lainnya mempertemukan petenis muda asal Polandia Iga Swiatek dan petenis Argentina Nadia Podoroska. (AFP/Atptour/WTA/R-2)

BERITA TERKAIT