08 October 2020, 00:35 WIB

Kasus Covid-19 di India Naik Jadi 6,76 Juta


MI | Internasional

JUMLAH infeksi covid-19 di India kemarin telah mencapai 6,76 juta, naik 72.049 kasus dalam 24 jam terakhir. 

Sementara itu, menurut data Kementerian Kesehatan India, jumlah kematian akibat virus korona naik 986 sehingga totalnya menjadi 104.555 orang. Jumlah kematian akibat virus di India naik melewati 100.000 pada akhir pekan lalu. 

Itu menjadikan India sebagai negara ketiga yang mencapai tonggak sejarah yang suram setelah Amerika Serikat dan Brasil. Minggu lalu, pemerintah India sendiri telah mengurangi pembatasan akibat pandemi dengan mengizinkan negara-negara bagiannya untuk membuka sekolah dan bioskop.

Hampir 50% kematian akibat covid-19 di India terkonsentrasi di 25 distrik di delapan negara bagian dan hampir 10 negara bagian menyumbang 77% dari total kasus aktif di negara itu.

Tingkat pemulihan di India mencapai lebih dari 84%. Pemerintah mengutip angka itu sebagai alasan untuk lebih membuka perekonomian. Bioskop akan diizinkan untuk dibuka kembali sebagian mulai 15 Oktober dengan kapasitas 50%.

Kementerian Kesehatan juga sudah mengeluarkan protokol kesehatan untuk pertemuan besar selama festival keagamaan yang akan datang untuk mencegah penyebaran virus.


Menerobos Pentagon

Setelah Gedung Putih, kini covid-19 menimpa para pejabat Pentagon. Anggota Kepala Staf Gabungan, termasuk Ketua Kepala Staf Gabung an Mark Milley, telah mengarantina mandiri. 

Itu dilakukan setelah Wakil Komandan Penjaga Pantai AS, Laksamana Charles Ray, dinyatakan positif virus korona setelah mengikuti pertemuan di Pentagon pekan lalu. Juru bicara Pentagon Jonathan Hoffman mengatakan bahwa semua kontak dekat potensial dari pertemuan dengan Laksamana Charles Ray di Pentagon telah dites dan tidak ada dari mereka yang menunjukkan gejala.

“Kami tidak memiliki hasil tes positif tambahan untuk dilaporkan saat ini. Tidak ada perubahan pada kesiapan operasional atau kemampuan misi Angkatan Bersenjata AS,” jelasnya.

Dinas Penjaga Pantai mengungkapkan sebelumnya bahwa Ray telah dinyatakan positif virus korona setelah merasakan gejala ringan selama akhir pekan. (AFP/Nur/X-11)
 

BERITA TERKAIT