07 October 2020, 20:50 WIB

Saksikan Mars Paling Dekat ke Bumi Sekarang


Wisnu AS | Teknologi

MARS berada paling dekat dengan Bumi mulai Selasa (6/10) atau Rabu (7/10) WIB. Jangan khawatir, kedekatan Mars dengan Bumi bakal berlangsung hingga 2035. Bagi mereka yang ingin melihat Planet Merah dengan mata kepala sendiri, sekaranglah saatnya.

Mars akan menukik dalam jarak 39 juta mil atau sekitar 62 juta kilometer dari Bumi. Menurut Earthsky.org, jarak ini akan menjadi yang terdekat Bumi dengan Planet Merah selama 15 tahun ke depan, tepatnya September 2035.

Planet itu terlihat tinggi di langit timur. Tampak sebagai cahaya kemerahan yang menakjubkan, jika cuaca memungkinkan.

"Oktober merupakan waktu yang tepat untuk melihat Mars, karena planet ini terlihat sepanjang malam sekarang dan mencapai titik tertinggi di langit sekitar tengah malam," tulis NASA dalam panduan pengamatan langit.

Bumi dan Mars mengelilingi matahari dalam orbit elips. Keduanya mengorbit ke arah yang sama tetapi dengan kecepatan dan jarak yang berbeda dari bintang kita.

Setiap 780 hari atau setiap dua tahun, Mars dan Bumi berbaris dan berada paling dekat satu sama lain selama periode waktu ini. Hari ini, pasangan planet akan melakukan pendekatan sedekat ini.

Pendekatan terakhir antara kedua planet pada 2018 bahkan lebih dekat dari yang sekarang. Akan tetapi pada 2003, pasangan ini melakukan pendekatan bersejarah.

Pada tahun tersebut, Mars datang lebih dekat ke Bumi sekitar 34,65 juta mil atau 55,76 juta km. Planet Merah tidak akan lebih dekat dari ini sampai 28 Agustus 2287 ketika jaraknya sekitar 34,60 juta mil atau 55,69 juta km dari Bumi. (Space.com/OL-14)

BERITA TERKAIT