07 October 2020, 19:01 WIB

Wapres: Tidak Ada Kendala dalam Penyaluran BLT


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

WAKIL Presiden RI Ma'ruf Amin memastikan tidak ada kendala dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Saya tidak melihat ada kendala. Karena bagi mereka memang tidak bisa diverifikasi, maka termasuk menerima bansos (bantuan sosial), bukan menerima bansos produktif," ujar Ma'ruf dalam dialog Indonesia Bicara yang diadakan Media Indonesia, Rabu (7/10).

Pemerintah melakukan pendataan yang lebih masif terhadap pelaku UMKM. Mulai dari nomor rekening, alamat, hingga aspek identitas lainnya. Langkah ini penting agar penerima bantuan tepat sasaran.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Serapan Anggaran PEN di Kuartal IV Lebih Besar

"Untuk saat ini, pemerintah terus mendata ulang dan verifikasi. Sehingga kita memiliki data yang akurat. Ini menjadi momentum pemerintah untuk melakukan pendataan ulang," jelas Ma’ruf.

Lebih lanjut, dia mengatakan ada sekitar 60 juta UMKM yang terdampak pandemi covid-19. Kementerian Koperasi dan UMKM pun melakukan pendataan untuk kemudian diverifikasi.

Baca juga: Wapres: 9,16 Juta UMKM Terima Bantuan pada September 2020

Tercatat 60 juta pelaku UMKM sudah diverifikasi. Namun, yang lolos hanya 20 juta pelaku usaha. Setelah divalidasi ulang oleh kementerian dan beberapa instansi lain, hanya 9,16 juta pelaku usaha yang lolos per September ini.

Adapun anggaran yang disediakan pemerintah untuk membantu 15 juta pelaku UMKM sebesar Rp36,2 triliun.

"September baru 9,16 juta pelaku usaha mikro dan Desember 12 juta pelaku usaha mikro. Sedangkan sisanya akan dilanjutkan hingga 2021," tutupnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT