07 October 2020, 18:56 WIB

Pemkab Pessel Pinjamkan 2 Eskavator untuk Buka Akses Kampung Dilan


Yose Hendra | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) akan meminjamkan dua unit alat berat (eskavator) agar target pembukaan akses jalan sepanjang 7,9 kilometer menuju Kampung Dilan di Nagari Pancuang Taba, Kecamatan Bayang Utara, tuntas hingga dua pekan ke depan.

Pembukaan akses jalan yang sedang berlangsung itu dikerjakan melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020.

Hal itu disampaikan Pjs Bupati Pessel Mardi saat mendampingi Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada ketika berkunjung ke Nagari Pancuang Taba, Rabu (7/10).

"Ruas jalan yang dibuka melalui bhakti TNI sepanjang 7,9 kilometer itu akan memberikan manfaat besar bagi Pessel dalam membuka keterisolasian puluhan kepala keluarga yang tinggal di Kampung Dilan, Nagari Pancuang Taba, Kecamatan Bayang Utara. Karena pembukaan akses jalan itu ditargetkan tuntas dua pekan ke depan, sehingga kita akan meminjamkan dua unit alat berat untuk membantu pekerjaan," kata Mardi.

Kebutuhan penambahan 2 unit alat berat itu sudah disampaikan langsung oleh Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada.

"Dengan bantuan alat berat itu diyakini membantu pencapaian target sepanjang 7,9 kilometer. Sebab sekarang progres pekerjaanya sudah mencapai 42 persen," jelasnya.

Baca juga: Bupati Klaten Buka Kegiatan TMMD Sengkuyung III

Mardi menambahkan, selain pembukaan akses jalan melalui bhakti TNI juga dilakukan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 10 unit.

"Kegiatan RTLH 10 unit ini bersumber dari Baznas Kabupaten sebanyak 5 unit dan dari BPM Provinsi sebanyak 5 unit pula. Kegiatan bedah rumah ini telah berjalan sebesar 85 persen," jelasnya.

Dandim 0311 Pessel Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti juga menjelaskan bahwa akses jalan sepanjang 7,9 kilometer itu terdiri dari ruas Nagari Limau Gadang-Kampung Dilan sepanjang 4,4 kilometer, dan Kampung Dilan-Pancung Taba sepanjang 3,5 kilometer pula.

"Kita optimistis melalui penambahan 2 unit alat berat itu, pelaksanaan pembangunan ruas jalan yang dimulai sejak 22 September 2020 akan tuntas pada 21 Oktober 2020," ucapnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT