07 October 2020, 18:50 WIB

Bansos Produktif sangat Membantu UMKM


M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

PEMERINTAH melakukan pengamatan bahwa bantuan sosial (bansos) betul-betul digunakan untuk mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Perlu diketahui bahwa ada bansos untuk konsumsi dan bansos produktif untuk mengembangkan usaha.

"Pemerintah juga bertujuan agar roda perekonomian ini jalan. Dana yang bisa menggerakkan perekonomian ini adalah pemerintah untuk saat ini. Swasta sedang tidak bergerak," kata Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin saat dialog Indonesia Bicara yang bertajuk Realisasi Dana Bansos UMKM Tersendat: Bagaimana Mengatasinya? yang diadakan Media Indonesia, Rabu (7/10).

Karena itu, ia berharap bansos ini bisa menyentuh masyarakat yang menjadi pelaku UMKM agar terbantu dan memutar kembali sektor perekonomian. Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut menyebutkan sebelumnya ada keinginan menahan separuh dana bansos produktif yang semula Rp2,4 juta menjadi hanya Rp1 juta.

Namun, untuk mempercepat roda perekonomian, separuh dana bansos itu diberikan. "Melalui pengamatan bansos ini benar-benar digunakan sehingga sektor-sektor UMKM akan bergerak juga," sebutnya.

Diketahui yang terdampak wabah covid-19 merupakan usaha mikro dan kecil yang menyebabkan tutup sementara hingga gulung tikar. Bila keadaan ini tidak ditolong pemerintah, keluarga miskin akan semakin besar.

Karena itu, yang dilakukan pemerintah yakni mengeluarkan bantuan untuk pelaku usaha mikro. Besarnya per nasabah Rp2,4 juta per orang. (OL-14)

BERITA TERKAIT