07 October 2020, 16:00 WIB

Perebutan Empat Tiket EURO 2020 Dimulai Pekan ini


Akmal Fauzi | Sepak Bola

BABAK play-off Kualifikasi EURO 2020 akan memasuki dimulai pada pekan ini. Sebanyak 16 tim yang memperebutkan empat tempat tersisa di Kejuaraan Eropa itu untuk mengikuti jejak 20 negara yang sudah memastikan lolos.

Seperti diketahui, UEFA mencoba untuk menerapkan cara main yang berbeda dalam turnamen antara negara Eropa, termasuk dalam kualifikasi menuju EURO 2020 yang digeser pelaksanaannya ke tahun depan akibat Pandemi Covid-19.

Sisa empat negara masih akan dicari melalui babak play-off. Menjadi menarik karena penentuan 16 negara peserta play-off turut didasarkan pada hasil di UEFA Nations League 2018/2019 silam.

Skotlandia bertujuan untuk mengakhiri penantian selama 22 tahun untuk lolos ke turnamen saat mereka menghadapi Israel di Hampden, Jum’at (9/10) dini hari WIB.

"Kami tahu seberapa besar gim ini akan berlangsung lama. Itu selalu ada di benak kami, bahkan sebelumnya bermain game lain ini selalu menjadi salah satu yang dilihat semua orang," kata gelandang Skotlandia Kenny McLean.

"Ini adalah pertandingan terbesar yang kami miliki dalam waktu yang lama, kami tahu bahwa sebagai pemain, kami tahu betapa pentingnya itu. Ini adalah hal yang besar bagi negara. Kami siap,” jelasnya

Perempat finalis di EURO 2016, Islandia akan menjamu Rumania dengan harapan bisa lolos ke final melawan Bulgaria atau Hongaria.

Sementara itu, UEFA mengumumkan pekan lalu bahwa pendukung akan diizinkan untuk menghadiri pertandingan playoff jika otoritas negara tersebut mengizinkan mereka untuk melakukannya, hingga maksimum 30% dari kapasitas stadion.

Dalam sebuah pernyataan, presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan, 27 negara telah mengizinkan penggemar sampai batas tertentu.

"Keputusan ini akan memungkinkan pendekatan berdasarkan negara demi negara dan bukan berdasarkan kompetisi demi kompetisi yang terkadang sulit dipahami oleh para penggemar,” jelasnya

Sementara, untuk pertandingan Norwegia melawan Serbia, hanya 200 penonton yang diizinkan masuk ke Stadion Ullevaal yang berkapasitas 28.000 orang. (OL-13)

Baca Juga: Khedira Dicoret dari Skuad Juventus di Liga Champions

BERITA TERKAIT