07 October 2020, 14:40 WIB

BI: 3,6 Juta Pelaku UMKM Sudah Gunakan QRIS


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

BANK Indonesia (BI) mencatat 3,6 juta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) atau 94% dari total merchant, sudah menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai kanal pembayaran digital.

Hal itu disampaikan Gubernur BI Perry Warjiyo dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Tahun 2020 seri II secara virtual.

"Penggunaan QRIS sebagai dukungan pengembangan ekosistem digital bagi UMKM. Serta, meningkatkan akses pembiayaan melalui Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SI-APIK)," ujar Perry dalam keterangan resmi, Rabu (7/10).

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah juga menyatakan dukungan pemerintah terhadap sektor UMKM. Sehingga, pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas di era transformasi digital.

Baca juga: Dorong Pemulihan Ekonomi, BI Pertahankan Suku Bunga Acuan

"Transformasi digital juga menjadi peluang dalam membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia," jelas Ida.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara BI dan Dewan Kerajinan Nasional. Kerja sama itu dalam rangka pengembangan UMKM subsektor industri kerajinan.

Serta, upaya memperluas penggunaan instrumen dan infrastruktur pembayaran digital. Hal itu mencakup pelatihan dan pengembangan, sosialisasi dan edukasi, promosi dan pemasaran, berikut pertukaran data atau informasi.(OL-11)

BERITA TERKAIT