07 October 2020, 14:05 WIB

Keamanan Kawasan Premium Labuan Bajo Berbasis Teknologi


John Lewar | Nusantara

KEMAJUAN teknologi patut di gunakan dalam peningkatan keamanan masyarakat melalui pengunaan perangkat lunak. Perkembangan ini di sesuaikan dengan persiapan kota tujuan destinasi wisata super premium di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), NTT.

Untuk mendukung pariwisata super premium, Kepolisian Resort (Polres) Mabar akan memasang 2.000 kamera pengawas atau Closed Circuit television (CCTV) pada tahun 2021 di Labuan Bajo.

Langkah ini untuk mendukung program pengamanan berbasis Information technology (IT) Electronic Securing Integrated System (ESIS) di kota wisata super premium demi keamanan bersama.

Kapolres Mabar, AKBP Bambang Hari Wibowo, Rabu (7/10) menjelaskan proyek keamanan berbasis teknologi ini akan diterapkan tahun depan (2021). Keamanan destinasi premium berbasis sistem Information technology (IT) dengan nama program ESIS .

"Ribuan CCTV akan dipasang pada sejumlah titik di Labuan Bajo untuk memantau seluruh aktivitas masyarakat dan wisatawan yang mengunjungi Labuan Bajo sehingga orang orang merasa nyaman dari keseharian," tegas Bambang.

Bambang menyebut pengamanan berbasis IT itu, nantinya bertujuan untuk menekan angka kriminal di Labuan Bajo. Serta memberi rasa nyaman bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Labuan Bajo. Dimana CCTV itu nantinya akan terhubung langsung dengan Polres Manggarai Barat.

"Program pengamanan berbasis IT,ESIS ini hampir 80 persen rampung.Rencananya tahun 2021 mendatang akan launching.Kita ingin wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo merasa nyaman," kata Bambang Wibowo.

Mantan Kapolres Rote Ndao itu menyampaikan Labuan Bajo sudah ditetapkan sebagai Kawasan Super Premium oleh Presiden Joko Widodo. Pengamanan di daerah super premium bukan tugas Polisi saja, namun tugas semua elemen, baik pemerintah daerah maupun masyarakat di Kabupaten Mabar atau tugas stakeholder. Kita bersama mewujudkan visi misi presiden Jokowi untuk mengubah wajah NTT khususnya Manggarai Barat atau Labuan Bajo agar menjadi kawasan yang luar biasa dari sisi pariwisata.

Selain pengamanan berbasis IT,Bambang Wibowo mengaku tahun 2021 mendatang akan ada ratusan personil Polisi Pariwisata yang bertugas di wilayah Manggarai Barat. Polisi Pariwisata tersebut nantinya akan ditempatkan disejumlah destinasi wisata. Dimana anggota Polisi Pariwisata tersebut harus dibekali kemampuan berbahasa inggris.

"Polisi Pariwisata ini nantinya berkemampuan berbahasa Ingris dan berkemampuan khusus untuk melayani wisatawan asing di lokasi wisata," terang Bambang.

Dia mengaku untuk pengamanan wilayah perairan Manggarai Barat,maka dibentuk Satuan Pol Air yan berada langsung di bawah Polres Manggarai Barat.

"Pengamanan di Labuan Bajo sudah diatensi Pak Kapolri bahwa anggota polisi di Polres Manggarai Barat harus betul-betul mempersiapkan diri.Kita juga harus menjadi Polisi yang super premium,bukan menjadi polisi yang biasa lagi," ujar Bambang Wibowo.(OL-13)

 

BERITA TERKAIT