07 October 2020, 13:10 WIB

Infeksi Covid-19 Gedung Putih Sebenarnya Bisa Dicegah


Faustinus Nua | Internasional

Menurut Fauci yang mengadvokasi pedoman kesehatan masyarakat untuk melawan virus korona, ruam infeksi covid-19 baru-baru ini di Gedung Putih sebenarnya dapat dicegah.

"Lihatlah apa yang terjadi minggu ini di Gedung Putih. Di sana, setiap hari semakin banyak orang yang terinfeksi bermunculan. Itu kenyataan, bukan tipuan. Ini situasi yang tidak menguntungkan ketika Anda melihat hal seperti itu, karena itu bisa dicegah," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan Serikat Politik Kennedy Universitas Amerika,Selasa (7/10).

Direktur Institut Alergi dan Penyakit Infeksi di Institut Kesehatan Nasional,AS itu,  dimintai pendapat dan nasihat tentang bagaimana orang dapat mendiskusikan tindakan pencegahan dengan kerabat mereka yang percaya pandemi itu tipuan.

Fauci telah lama menganjurkan penggunaan masker untuk mencegah penyebaran virus korona. Namun, Trump sebelumnya selalu mengabaikan hal itu.

Sejak presiden Republik mengumumkan pada Jumat bahwa ia dan ibu negara Melania Trump telah tertular virus covid-19, beberapa pembantu dekat Trump dan politisi senior Republik pun telah dites positif terkena virus tersebut.

Trump kembali ke Gedung Putih pada hari Senin dari rumah sakit militer, tempat dia diisolasi tiga malam. Dia memberi tahu orang Amerika untuk keluar dan tidak membiarkan hidup mereka didominasi oleh virus.

Trump meninggalkan rumah sakit dengan mengenakan masker, tetapi melepaskannya untuk berfoto di balkon Gedung Putih dan tidak memasangnya kembali ketika dia memasuki gedung.

Presiden, yang membuntuti saingannya dari Partai Demokrat Joe Biden menjelang pemilihan 3 November, telah mendorong pembukaan kembali ekonomi dan sekolah-sekolah lebih cepat dan menuduh Demokrat mencegahnya untuk tujuan politik.(CNA/X-7)

BERITA TERKAIT