07 October 2020, 13:08 WIB

Satgas Covid-19 Ingatkan Pemda Antisipasi Bencana Banjir


 Atalya Puspa | Humaniora

SATUAN tugas penanganan covid-19 mengingatkan kepada pemerintah daerah untuk mengantisipasi timbulnya kluster baru akibat adanya bencana.

Seperti diketahui, setiap akhir hingga awal tahun, Indonesia kerap dilanda cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana banjir.

"Iklim tidak berpengaruh signifikan terhadap perkembangan virus covid-19 di Indonesia. Tapi harus kita waspadai jangan sampai terjadi bencana banjir. Ketika orang ngungsi, ini berpotensi memunculkan kluster pengungsian," kata anggota tim pakar Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah, di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (7/10).

Karenanya, Dewi mengungkapkan, pemerintah daerah harus bersiap dan mencari inovasi baru terkait model pengungsian yang aman digunakan untuk masyarakat di tengah pandemi covid-19.

"Pemerintah daerah harus menyiapkan dan membuat inovasi baru tempat pengungsian tidak seperti yang biasanya," ungkap Dewi.

Sejumlah hal penting yang harus diperhatikan yakni jarak tempat tidur antar pengungsi, sanitasi, tempat makan, dapur, dan kamar mandi. "Biar bagaimanapun, untuk memutus rantai penularan protokol 3M harus tetap dijalankan," tuturnya. (Ata/OL-09)

BERITA TERKAIT