07 October 2020, 09:46 WIB

Swiatek Melaju Ke Semifinal Roland Garros


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PETENIS muda asal Polandia Iga Swiatek melanjutkan penampilan luar biasanya dalam turnamen Prancis Terbuka, mengalahkan petenis Italia Martina Trevisan dalam dua set langsung. Swiatek sukses merebut tiket semifinal pertamanya di Roland Garros. Petenis berusia 19 tahun itu merebut kemenangan dengan skor 6-3, 6-1 dalam pertandingan satu jam 18 menit. Ia bahkan belum kehilangan satu set pun sepanjang karir nya di Roland Garros musim ini.

"Hari ini kondisi di lapangan sedikit lebih sulit, cuaca benar-benar berangin. Anda harus mengubah permainan, saya butuh waktu untuk terbiasa dengan itu," ucap Swiatek.

"Saya mencoba bermain agresif sejak awal sehingga saya dapat memimpin di lapangan. Saya melakukannya dengan cukup baik," imbuhnya.

Trevisan sejatinya pernah mengalahkan Swiatek pada pertemuan pertama mereka di lapangan tanah liat Warsawa pada 2017. Kemudian pada pertandingan di Birmingham tahun lalu Swiatek menahan imbang catatan pertemuan mereka. Dan pada pertemuan di Roland Garros kini Swiatek mencatatkan keunggulan 2-1 dengan petenis Italia itu.

"Saya tidak menyangka akan bermain di semifinal Grand Slam. Saya melakukan semua yang saya lakukan sebelumnya," kata Swiatek.

Trevisan bermain cukup baik di awal set pembuka, mengejar setiap bola yang ditembakkan oleh petenis Polandia itu. Melalui pukulan forehand yang keras sejatinya Trevisan sempat unggul di set pertama dengan kedudukan 3-1. Namun Swiatek mulai menemukan pijakannya, berusaha keras untuk mengejar ketertinggalannya menjadi 3-2. Mulai menemukan pola permainan terbaiknya, petenis Polandia itu sukses melakukan backhand untuk menggiring bola melewati net, menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Berawal dari kedudukan imbang itu, Swiatek semakin tampil percaya diri saat melawan Trevisan. Bermain dengan agresif Swiatek berhasil membuat lawannya semakin tertekan dan melakukan kesalahan saat forehand petenis Italia itu melebar dan memberikan kemenangan set pertama untuk Swiatek.

baca juga: Nadal Melaju Ke Semifinal Roland Garros

Swiatek memulai set kedua dengan luar biasa, berkat pukulan keras dan permainan yang agresif ia berhasil memimpin 3-0, penampilan epik petenis Polandia itu semakin tak terbendung melalui pukulan backhand yang keras ia sukses mengakhiri set kedua dengan kemenangan 6-1 dan mengklaim tempatnya di semifinal.

Pada babak semifinal ia akan bertemu petenis asal Argentina Nadia Podoroska yang mengalahkan unggulan ketiga Elina Svitolina di babak perempat final. (WTA/OL-3)
 

BERITA TERKAIT