07 October 2020, 09:34 WIB

UI Kembali Masuk Universitas Terbaik Dunia


Gana Buana | Humaniora

UI berfokus agar dapat menjadi ‘think tank’ serta memecahkan permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia, Times Higher Education atau THE kembali mengumumkan daftar peringkat 1.000 universitas terbaik di dunia.

Universitas Indonesia menjadi salah satu universitas di Tanah Air yang masuk dalam World University Ranking (WUR) 2021.

Dalam THE WUR 2021, sebanyak sembilan perguruan tinggi Indonesia berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia The WUR 2021 bersama 1.500 perguruan tinggi dari 93 negara.

Tahun ini, Universitas Indonesia (UI) berada dalam kelompok peringkat 801–1.000 dunia dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia.
Rektor UI Ari Kuncoro mengatakan prestasi yang diraih tersebut merupakan pencapaian besar bagi Indonesia dan UI.

Ari mengungkapkan di tengah situasi yang tidak mudah saat ini sebagai dampak dari pandemi covid-19, UI tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan covid-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat.

“Kontribusi para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dan 
masyarakat, mampu membuat UI semakin melesat dan berdampak bagi negeri,” ungkap Ari saat dihubungi Media Indonesia, pada Senin (5/10).

Menurut Rektor UI, indikator lain yang membuat UI tercatat menjadi salah satu universitas terbaik di dunia adalah karena sejarahnya. Yakni, 
banyak para alumni yang sekolah ke luar negeri dan membina hubung­an baik dengan universitas luar sehingga manfaatnya bisa dirasakan hingga saat ini.

Selain itu, pihaknya pun juga membangun reputasi baik serta banyak berkecimpung untuk memberikan kontrobusi bagi negeri. Misalnya, UI 
berkontribusi memberikan rumus untuk penghitungan keuangan daerah.

Pencapaian ini, lanjut dia, bukan milik UI saja melainkan juga prestasi bangsa bahwa pendidikan tinggi di Indonesia telah diakui oleh dunia.
Lembaga pemeringkatan THE secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan performa pengajaran (kegiatan belajar mengajar), penelitian, transfer dan sharing keilmuan serta cakupan internasional sebuah universitas.

Performa UI yang paling menonjol adalah performa sinergi dunia industri. Yaitu, UI juga banyak mendapatkan pendanaan selain dari pemerintah juga melalui jalinan kerja sama dengan dunia industri, terutama yang bergerak di bidang kesehatan.

THE menggunakan indikator ini untuk menilai kemampuan universitas di dalam mendukung industri melalui terobosan inovasi, penemuan maupun ide atas kebutuhan industri maupun masyarakat. UI berfokus agar dapat menjadi ‘think tank’ serta memecahkan permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

“Dengan fokus pada tiga rumpun penelitian yaitu penelitian kesehatan, sosial humaniora dan sains teknologi, UI berkomitmen menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi industri serta masyarakat,” kata dia.

Tidak hanya itu, dari segi pembelajaran UI juga terus meningkatkan taraf mutu pembelajaran dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan melakukan benchmarking dengan universitas bergengsi internasional.

Melalui kolaborasi dan sinergi dengan universitas di tingkat global, UI bisa mengadaptasi silabus, cara mengajar serta membuna hu­bung­an dengan para asesor dari luar guna mendapatkan masukan. “Misalnya dengan National University of Singapura (NUS), kita lihat teknik belajarnya, silabusnya cara mengajarnya lalu adaptasi,” tandas dia. (Gan/S1-25)

BERITA TERKAIT