07 October 2020, 07:09 WIB

Akhiri Perjuangan Lawan Kanker, Eddie Van Halen Tutup Usia


Irana | Weekend

Eddie Van Halen, yang petik dan lengking gitar solonya menjadikan band senama dirinya salah satu grup rock terbesar era 1980-an, wafat. Ia tutup usia pada usia 65 tahun setelah berjuang melawan kanker. 

Putra Van Halen, Wolfgang, yang menjadi bassis band saat grup Van Halen bersatu kembali pada 2007, mengumumkan kabar duka tersebut di Twitter pada hari Selasa (6/10). 

"Saya tidak percaya saya harus menulis ini, tetapi ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, telah kalah dalam pertempuran panjang dan sulit melawan kanker pagi ini," tulisnya. 

“Dia adalah ayah terbaik yang pernah saya minta. Setiap momen yang saya bagikan dengannya di dalam dan di luar panggung adalah sebuah hadiah. “Hati saya hancur dan saya rasa saya tidak akan pernah pulih sepenuhnya dari kehilangan ini.” 

Dia menambahkan: "Aku sangat mencintaimu, Pop."

Pada awal 2000, musikus berdarah Indonesia tersebut didiagnosis menderita kanker lidah. Pada 2002, dia dinyatakan bebas kanker. Tapi, tahun lalu, terungkap bahwa Van Halen telah berjuang melawan kanker tenggorokan selama lima tahun terakhir.

Kabar kepergian Van Halen mendapat respons dari para sesama legenda dunia rock, seperti Ozzy Osbourne. 

"Van Halen adalah salah satu pria terbaik yang pernah bekerja dengan saya dan kami berbagi begitu banyak tawa bersama. Pengaruhnya pada musik dan terutama gitar tidak dapat diukur. Dia adalah legenda mutlak. Eddie, aku akan menemui di sisi lain, temanku. Sayang, Ozzy." (The Guardian/M-2) 

BERITA TERKAIT