07 October 2020, 03:45 WIB

Kasus di 10 Provinsi Prioritas Turun Signifikan


fERDIAN aNANDA mAJNI | Humaniora

PENANGANAN kasus covid-19 di 10 provinsi mengalami perubahan ke arah lebih baik. Hal itu terlihat dari menurunnya jumlah kasus baru yang terinfeksi, rendahnya angka kematian, dan meningkatnya persentase kesembuhan.

"Terdapat enam dari 10 provinsi prioritas mengalami penurunan yang cukup signifikan, yaitu Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan persnya, kemarin.

Penurunan kasus covid-19 mingguan, lanjutnya, terjadi paling drastis di Sulawesi Selatan, yakni 30,1%, dan Jawa Barat 28,5% jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

Sepuluh provinsi yang menjadi prioritas pemerintah dalam penanganan covid-19 ialah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, Papua, Bali, dan Banten.

"Jika dilihat dari jumlah kasus meninggal per pekan ini, empat dari 10 provinsi mengalami penurunan juga cukup signifkan, yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Bali. Penurunan pertambahan mingguan jumlah kematian paling signifikan terjadi di DKI Jakarta, yakni sebesar 62,4%," tambah Wiku.

Dari persentase kesembuhan pasien covid-19 di provinsi prioritas, tujuh provinsi memiliki angka persentase kesembuhan di atas 70%. Tingkat kesembuhan tertinggi terjadi di Jawa Timur dengan persentase 88,53%.

"Dari segi zona risiko, kabupaten/kota dengan zona merah di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan pada pekan ini seluruhnya sudah berpindah di zona oranye. Ini artinya tidak ada lagi zona merah di Provinsi Jawa Timur dan Sulawesi Selatan," terangnya.

Dia menambahkan, perhatian khusus perlu diberikan kepada kabupaten/kota penyumbang kasus positif atau kematian tertinggi di tiap provinsi, di antaranya Jakarta Pusat, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Semarang, Kota Surabaya, Kota Banjarmasin, Kota Makassar, Kota Denpasar, Kota Jayapura, dan Kota Banda Aceh.

Sementara itu, hingga kemarin siang, data Kementerian Kesehatan mencatat penambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 4.056 orang. Dengan demikian, total menjadi 311.176.

Angka pasien sembuh menjadi 236.437 setelah ada penambahan sebanyak 3.844 orang. Untuk kasus meninggal, jumlah menjadi 11.374 dengan penambahan 121. (Fer/X-7)

BERITA TERKAIT