07 October 2020, 05:28 WIB

Selama Pandemi, Paspor Selandia Baru Terkuat di Dunia


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

DI tengah pandemi, paspor Selandia Baru menjadi paspor terkuat berdasarkan pemeringkatan visa dunia. Sebelumnya paspor Selandia Baru ini memegang gelar paspor terkuat bersama Jepang. Namun mulai kemarin, Selandia Baru berada di posisi puncak tanpa Jepang. Passport Index adalah salah satu dari beberapa pemeringkat yang mengukur jumlah perjalanan dunia bebas visa, yang membandingkan akses yang diberikan oleh paspor 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Index menetapkan paspor Kiwi sebagai yang 'paling kuat' di dunia. Tapi apa arti label ini selama pandemi global?

Pandemi covid-19 yang telah menyebabkan perubahan dalam perjalanan bebas visa juga berarti Selandia Baru memiliki akses bebas visa ke lebih sedikit negara daripada sebelumnya. Meskipun demikian, pemegang paspor Kiwi tidak terpengaruh oleh pembatasan perjalanan seperti warga negara lain.

Menyusul perpanjangan perjalanan bebas karantina Australia kepada pemegang paspor Selandia Baru, pelancong kiwi saat ini memiliki akses bebas visa, atau visa masuk, ke 129 negara. Angkanya naik dari 80 negara selama puncak pandemi virus korona di awal tahun.

Hrant Boghossian dari Passport Index mengatakan skor mobilitas pada masa pandemi, Selandia Baru telah pulih hingga 61%, sebuah pencapaian yang luar biasa.

"Penanganan luar biasa Selandia Baru atas krisis covid-19 tercermin dari warganya yang dengan cepat diterima untuk melakukan perjalanan ke negara lain," kata Boghossian.

"Pemegang paspor Amerika Serikat, misalnya, dapat melakukan perjalanan ke sejumlah negara yang sama dengan Selandia Baru. Namun penanganan covid-19 yang buruk, tidak banyak negara yang menyambut pelancong AS dan skor mobilitas mereka hanya pulih sebesar 15% menjadi 92 negara,” terangnya.

baca juga: 10% Populasi Dunia Terinfeksi Covid-19

Jepang tergelincir ke posisi kedua dengan 128 negara bersama sejumlah negara lain yaitu Jerman, Austria, Luksemburg, Swiss, Irlandia, Korea Selatan, dan Australia. Negara-negara Eropa merupakan sebagian besar dari daftar 10 teratas, karena sebagian besar mempertahankan akses ke zona 'pergerakan bebas' Schengen dengan sedikit pembatasan yang jelas. Saat ini Amerika Serikat jatuh ke posisi  21 dalam pemeringkatan paspor terkuat. Pada Juli, paspor AS pernah turun ke posisi terendah sepanjang masa di peringkat 28 di bawah Meksiko dan Uruguay. (NZ Herald/Stuff/OL-3)
 

BERITA TERKAIT